counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Perempuan El Salvador Dihimbau Hindari Hamil Sampai 2018

New Banner Semen

CELEBESONLINE (El Salvador): Untuk menghindari anak-anak lahir cacat karena virus Zika yang telah mengamuk di Amerika, pemerintah El Salvador menghimbau kepada perempuan agar tidak hamil sampai 2018. Artinya, pasangan diminta tidak melakukan hubungan intim yang berpotensi terjadi kehamilan.

Virus Zika ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk ini juga dikenal penyakit membawa dengue (demam berdarah), demam kuning, dan virus Chikungunya. Para ahli kesehatan tidak yakin mengapa virus, yang pertama kali terdeteksi di Afrika pada tahun 1947, menyebar begitu cepat di Brazil dan negara-negara tetangga.

Meskipun penelitian masih terus dilakukan, bukti yang signifikan di Brazil menunjukkan hubungan antara infeksi Zika dengan meningkatnya kasus mikrosefali (microcephaly), gangguan neurologis di mana bayi dilahirkan dengan craniums dan otak yang lebih kecil (ukuran kepala kecil).

“Kami ingin menyarankan kepada semua wanita usia subur yang sementara merencanakn kehamilan mereka agar menghindari hamil antara tahun ini dan berikutnya (sampai 2018)” kata Wakil Menteri Kesehatan El Salvador, Eduardo Espinoza .

Eduardo menambahkan, pemerintah memutuskan untuk membuat pengumuman karena 5.397 kasus virus Zika telah terdeteksi di El Salvador pada tahun 2015 dan beberapa hari di awal tahun ini.

Angka resmi menunjukkan 96 wanita hamil diduga terjangkit virus. Tapi, sejauh ini belum ditemukan bayi yang lahir dengan kondisi mikrosefali.

Di Kolombia, menurut lembaga kesehatan nasional yang dimuat dalam buletin epidemiologi, ada 20.297 kasus yang dikonfirmasi dari penyakit Zika. Dair jumlah itu, sebanyak 2.116 adalah wanita hamil.

Pemerintah Kolombia juga menyarankan perempuan untuk menunda hamil selama enam sampai delapan bulan, untuk menghindari infeksi potensial. Sejauh ini belum ada laporan kasus mikrosefali atau kematian akibat virus Zika di Kolombia .

Brasil adalah negara yang paling terpukul oleh penyakit ini. Pasalnya, dilaporkan sekitar 3.700 kasus mikrosefali diduga kuat terkait dengan Zika. Organisasi Kesehatan Dunia WHO mengatakan bahwa sebanyak 4 juta orang di Amerika mungkin terinfeksi Zika.(*)

Related posts

CELEBESONLINE