counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Kedubes Inggris dan Pelangi Indonesia Gelar Pelatihan Penggunaan I2050PC

CELEBESONLINE (Makassar): Keduataan Inggris di Indonesia menggandeng Yayasan Pelangi Indonesia untuk menyebarluaskan Indonesia 2050 Pathway Calculator (I2050PC) atau sistem pemodelan Kalkulator Indonesia 2050. Ini adalah kalkulator energi Indonesia pada tahun 2050 yang diluncurkan di Jakarta, 21 April 2015 lalu.

Agar bisa menyentuh sebagian besar masyarakat, Pelangi Indonesia menggelar pelatihan dan diskusi bersama perwakilan media, blogger, dan mahasiswa di Makassar mengenai keberadaan Kalkulator 2050 Indonesia di Hotel Novotel, Makassar, Kamis (4/2/2016). Hadir memberikan pelatihan adalah Energy Adviser dari British Embassy Jakarta yaitu Rizka Sari, ada juga Josep Suprayodi yang merupakan perwakilan dari Tempo, dan Wira Dillon dari Yayasan Pelangi Indonesia.

Pertemuan ini diharapkan memperkenalkan alat I2050PC kepada pemangku kepentingan sekaligus sebagai pemicu diskusi mengenai trayektori perkembangan Indonesia ke depannya.

“Kita juga mengharapkan dengan Kalkulator energi ini, masyarakat setempat bisa membuat skenario energi di masa yang akan datang. Masyarakat bisa mengembangkan program secara lokal agar semakin banyak masyarakat memberikan solusi kepada pemerintah terkait pemanfaatan energi terbarukan,” ucap Rizka.

Rizka menambahkan bahwa Indonesia memiliki semua potensi energi terbarukan seperti panas bumi, air laut, angin, sampai matahari. Di Makassar, potensi panas bumi saja misalnya bisa sampai 3.000 megaWatt sedangkan kebutuhan masyarakat Makassar hanya sekitar 600 MegaWatt.

“Artinya, ada 2.400 MegaWatt kelebihan dan itu bisa diekspor ke daerah atau negara lain. Itu baru dari panas bumi dan masih banyak potensi energi lainnya yang bisa dikembangkan,” kata Rizka.

Sementara itu, sebagai seorang jurnalis, Yosep menggambarkan bagaimana angka-angka dikonveraikan menjadi grafis atau kata-kata dalam pemberitaan sehingga mudah diterima oleh masyarakat.

Kalkulator energi Indonesia 22050 atau I2050PC ini dibuat hasil kerja sama Kementerian ESDM dengan pemerintah Inggris melalui Departemen of Energy and Climate Change. Program pengembangan Calculator 2050 versi Indonesia (I2050PC) ini merupakan salah satu butir kesepakatan kerjasama bilateral antara Indonesia-Inggris yang ditanda tangani oleh Menteri Energi dari ke dua Negara pada bulan November 2012 di London.

I2050PC merupakan suatu simulator berbasis web yang memungkinkan pengguna untuk memilih beberapa opsi kebijakan sektoral dan melihat dampak dari kombinasi pilihan-pilihan terhadap ketahanan energi, penggunaan lahan, dan emisi yang dihasilkan. Pemodelan Kalkulator 2050 meliputi perhitungan ekonomi, asumsi energi, pemakaian energi per kapita dan pertumbuhan ekonomi.

I2050PC ini bisa diakses melalui http://calculator2050.esdm.go.id. Simulator energi ini memungkinkan “pengguna” yang berasal dari berbagai kalangan untuk merancang berbagai alternatif kombinasi beberapa skenario pasokan dan permintaan energi dan melihat dampak dari pilihan kombinasi tersebut terhadap ketahanan energi (ketergantungan impor), penggunaan lahan, dan emisi CO2 yang dihasilkan pada tahum 2050 mendatang.

Sistem yang dikembangkan dari Kalkulator 2050 Inggris ini dibangun berdasarkan model keseimbangan energi lintas sektor untuk menentukan alur pembangunan yang mungkin terjadi pada 2050. Pengembangan model ini telah melalui lebih dari 15 proses konsultasi dengan para ahli dan para pemangku kepentingan untuk memastikan berbagai kemungkinan alur pengembangan sudah tercakup di dalamnya.(*)

468×60 Banner semen
Logo Header Menu
web
analytics