counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Hatta Rahman Tetap Akan Dilantik Meski Berstatus Tersangka

CELEBESONLINE (Turikale): Pemenang pemilihan kepala daerah Maros, pasangan Hatta Rahman dan Andi Harmil MattotoraNg, tetap akan dilantik sebagai bupati dan wakil bupati Maros pada 17 Februari. “Kami sudah dengar bahwa Hatta Rahman sebagai tersangka, namun kami belum menerima surat penetapan tersangka itu dari Bareskrim Polri,” kata Komisioner KPUD Maros Syaharuddin kepada CELEBES TV.

Menurut Syaharuddin, KPU Maros sebenanya sudah pernah bersurat kepada Bareskrim Polri mengenai kejelasan status Hatta Rahman, namun surat itu belum juga dibalas. Ia menambahkan, status tersangka untuk Hatta Rahman tidak akan menjadi penghalangpada pelantikan yang dipimpin Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.

“Sebab telah ada imbauan dari Kementerian Dalam Negeri bahwa status calon bupati tersangka korupsi, kasus politik uang, serta ijazah palsu tidak menjadi penghalang pelantikan, kecuali sudah ada keputusan kuat dari pengadilan,” ujarnya.

Yusuf Damang dari anggota DPRD Maros dari Partai Gerindra dan Amri Yusuf dari Fraksi PAN DPRD Maros enggan berkomentar mengenai status Hatta Rahman. “Saya tidak ingin berkomentar terkait pelantikan Hatta Rahman sebab pada rapat paripurna sebelumnya cuma berisi penetapan Hatta Rahman sebagai pemenang pilkada. Bagaimana pelantikannya? Saya tidak mau berkomentar,” kata Yusuf.

“PAN memang partai utama pendukung Hatta Rahman saat Pilkada Maros, namun saya tidak ingin berkomentar terkait kejelasan pelantikan karena tidak diizinkan,” ujar Amri.

Bareskrim Mabes Polri telah menetapkan status tersangka untuk Hatta Rahman pada kasus dugaan korupsi lampu jalan di Kabupaten Maros. Pada proyek tahun 2011 itu, negara diduga merugi Rp 1,4 miliar.(*)

468×60 Banner semen
Logo Header Menu
web
analytics