counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Bosowa Awalnya Bernama CV Moneter

New Banner Semen

CELEBESONLINE (Makassar): Aksa Mahmud sukses mengukuhkan diri pengusaha sukses di Sulsel dan Indonesia. Melalui Bosowa Corporation, Aksa mendirikan raksasa perusahaan yang telah menggurita di sejumlah daerah di Indonesia.

Bosowa lahir pada 22 Februari 1973. Selama 43 tahun membangun, Bosowa telah memiliki 50 lebih anak perusahaan, artinya tiap tahun ada satu anak perusahaan yang lahir.

“Saya lupa berapa jumlah pastinya, tapi yang jelas sudah lebih dari 50 anak perusahaan,” katanya.

Aksa bercerita bahwa awal mula Bosowa bernama CV Monoter pada 22 Februari. Ia memberikan nama perusahaan tersebut sesuai dengan memomentum saat Ketua Bappenas saat itu mengeluarkan kebijakan moneter dimana 1 dolar AS masih Rp 300 menjadi Rp 350.

“Setelah keluarnya kebijakan itu, besok paginya saya buat CV Moneter sesuai dengan momennya. Perusahaan awal ini mensuplay peralatan proyek seperti mesin ketik, AC, dan lainnya. Setelah berjalannya waktu, CV Moneter pun berubah menjadi Bosowa.

Investasi Bosowa terbesar ada di Bosowa Semen yang ada di Maros. Jumlah sudah mencapai Rp 10 triliun. Kedua adalah perusahaan PLTU di Jeneponto yang jumlahnya mencapai Rp 7 triliun.

Meski sudah memiliki lebih dari 50 anak perusahaan, Aksa bersama Bosowa masih terus akan menancamkan kukunya. Ia telah merancang sejumlah proyek, khususnya di Maros.(*)

CELEBESONLINE
web
analytics