counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Gas Karbon Monoksida Lebih Mematikan

New Banner Semen

CELEBESONLINE (Makassar): Ahli teknik kimia Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar Setiyawati Yani menjelaskan gas karbondioksida CO2 atau gas asam garam merupakan gas yang dihasilkan dari proses sempurna pembakaran bahan bakar fosil maupun biomassa. CO2 tidak beracun dan mematikan bila dihirup dan bisa didapati pada gas buang hasil pembakaran pada mesin-mesin.

Lain halnya dengan gas karbon monoksida aau CO. Gas ini dihasilkan dari pembakaran tidak sempurna bahan bakar posil atau biomassa. Gas ini sangat beracun terutama jika dihirup melebihi ambang batas atau pada ruangan yang tidak memiliki sirkulasi us=dara yang baik.

“Gas CO ini timbul akibat pembakaran tidak sempurna dari alat pembakaran itu sendiri. Bisa didapati dari genset, pemanas, kompor minyak tanah dan gas. Gas ini harus dihindari dengan memastikan alat pembakaran berjalan sempurna, ruangan tempat gas itu dihasilkan memiliki sirkulasi udara memadai. Jangan menjalankan genset di ruang tertutup dalam waktu lama. Itu berbahaya,” katanya.

Alumni program doktor Universitas Western Australia ini menambahkan, masyarakat dihimbau jangan menyalakan mesin mobil dan AC dalam keadaan mobil berhenti dan tertutup. “Jangan merokok di ruangan ber-AC jika tidak ada sirkulasi udara yang baik agar tidak terjadi peningkatan konsentrasi gas yang berlebihan,” katanya.

Sejauh ini polisi belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai penyebab kematian dua anak bersaudara: Muhammad Danis (3 tahun) dan Muhammad Abi Sarwan (10 tahun). Dua anak ini bersama orangtuanya sempat makan Pallubasa dan pisang nugget. Danis meninggal Minggu (21/02/2016) dan Abi meninggal Senin (22/02/2016). Orangtua kedua anak itu, Heriyanto masih dirawat di rumah sakit dan Megawati Nurdin sudah diizinkan pulang dari rumah sakit.

Dugaan yang muncul yakni kedua anak itu keracunan makanan atau keracunan dari gas. Selain makan pallubasa, kedua anak itu juga sempat makan pisang nugget. Dugaan keracunan gas muncul karena keempat orang itu tertidur dalam keadaan mesin genset dijalankan agar listrik mengalir setelah terjadi pemadaman listrik di rumah itu.(*)

Related posts

CELEBESONLINE