counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Laboratorium HI Unibos Gandeng Kontras dan AJAR

New Banner Semen

CELEBESONLINE (Makassar): Laboratorium Ilmu Hubungan Internasional Universitas Bosowa (Unibos) menggelar Kuliah Tamu bersama Dody Yuniar dan Selviana Yolanda dari Asia Justice and Rights (AJAR) Researcher di Ruang Rapat Senat, Gedung 1, lantai 9, Unibos, Rabu (2/3/2016).

Kegiatan yang digelar atas kerja sama Unibos dengan Kontras Sulawesi dan Asia Justice and Rights (AJAR) Researchers ini mengangkat tema “Long Journey Home: Menggagas Rekonsiliasi Korban Konflik Timor Leste-Indonesia”.

AJAR merupakan lembaga regional yang saat ini bekerja di lingkup Indonesia, Timor Leste, Burma, dan Sri Lanka. Di kawasan Indonesia dan Timor Leste, AJar fokus pada upaya-upaya untuk menangani masalah-masalah yang timbul setelah konflik yang terjadi di masa lalu.

“AJAR berperan dalam menangani trauma, diskriminasi, kekerasan yang berlanjut, dan lainnya,” ungkap  Dody Yuniar selaku Program Manager AJar Indonesia.

Sejak berdiri di tahun 2009, AJAR mulai membuka kerja sama dengan berbagai institusi pendidikan sejak dua tahun yang lalu. Kedatangan AJAR kali ini di Universitas Bosowa merupakan yang pertama untuk proses transfer informasi.

Zulkhair Burhan selaku Ketua Prodi HI mengungkapkan bahwa kedepannya, Jurusan Ilmu Hubungan Internasional akan mengoptimalkan pengembangan dan pemanfaatan Laboratorium Hubungan Internasional (HI). Laboratorium HI akan fokus pada beberapa kluster isu, salah satunya adalah mengenai Hak Asasi Manusia (HAM).

Melalui laboratorium ini, HI juga akan mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak. “Kami ingin membangun jejaring lebih luas. Harapannya, berbagai macam studi yang datang kesini bisa menjadi inspirasi mahasiswa dalam mengembangkan riset studinya mendatang,” tambah Zulkhair.

Kuliah tamu yang dimoderatori oleh Asyari Mukrim ini dihadiri oleh mahasiswa HI dari berbagai angkatan. “Perang tidak hanya menyangkut orang yg memegang senjata, namun perang juga menyangkut banyak hal di sekitar wilayah tempat perang tersebut terjadi,” tutup Dody.(*)

Related posts

CELEBESONLINE