counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Komisi E DPRD Sulsel Dukung Petisi Penakan DLP Setara Spesialis

New Banner Semen

CELEBESONLINE (Makassar): Komisi E DPRD Sulsel menerima kunjungan Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), kamis siang. Temu dengar pendapat itu membahas tentang pendidikan formal Dokter Layanana Primer (DLP) setara spesialis.

PDUI dan IDi melayangkan oetisi menolak hal tersebut. Pendidikan formal ini dianggap menggangu pelayanan kesehatan masyarakat di tingkat dasar aebagai pelayanan kesehatan prima.

Pendidikan Formal DLP merupakan program pemerintah berdasarkan Undang-Undang Pendidikan Kedokteran (Dikdok) Nomor 20 tahun 2013. Program ini pun mendapat penolakan dari PDUI, termasuk PDUI Sulsel, dan IDI.

Tidak hanya itu, Komisi E DPRD Sulsel pun sepakat. DPRD Sulsel mendukung petisi yang dikeluarkan PDUI dan IDI.

“Kami melihat, petisi ini bentuk kepedulian PDUI terhadap pelayanan dasar kesehatan masyarakat yang bakal terbengkalai jika tenaga kesehatan di tingkat bawah atau tingkat puskesmas mengikuti pendidikan formal tersebut,” kata anggota Komisi E DPRD Sulsel, Sri Rahmi.

Jumlah tenaga dokter yang ada saat ini sangat terbatas. Program itu juga dinilai akan mengganggu kualitas pelayanan kesehatan ke masyarakat.

Untuk itu, Sri Rahmi, mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk meneruskan petisi tersebut ke pemerintah provinsi Sulsel.

“Kalaupun nanti DLP setara spesialis ini tetap diteruskan, maka implementasi pendidikan itu harus diubah agar tidak mengganggu pelayanan kesehatan dasar masyarakat,” ujar politisi PKS tersebut.(*)

Yahya Aditya/ Celebes TV

Related posts

CELEBESONLINE