counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Pencipta Email Ray Tomlinson Meninggal Karena Jantung

CELEBESONLINE (New York): Penemu email, Raymond Samuel Tomlinson, meninggal dunia di usai 74 tahun. Dia meninggal karena serangan jantung pada hari Sabtu (5/3/2016) kemarin.

Tomlinson menciptakan cikal bakal surat elektronik atau email. Ia mengirimkan email untuk pertama kalinya di tahun 1971. Ketika itu, dia bekerja di Bolt, Beranek and Newman (BNN), sebuah perusahaan yang memiliki peran penting dalam pengembangan ARPANET, versi awal dari internet.

Dalam wawancara dengan The Verge di tahun 2012, Tomlinson berkata bahwa tugasnya sebagai pekerja adalah untuk mencari masalah yang bisa diselesaikan oleh ARPANET.

Sebelum Tomlinson, telah ada orang-orang yang mencari cara untuk mengirimkan pesan dari satu komputer ke komputer lain. Namun, Tomlinson adalah orang yang berhasil menemukan perintah SNDMSG.

Berbeda dengan metode sebelumnya, metode SNDMSG dapat mengirimkan file mail ke komputer penerima. Ia adalah program pengirim pesan pertama yang ada.

Tomlinson juga merupakan orang yang memutuskan untuk menggunakan simbol “@”. Hal inilah yang lalu membuat simbol ini menjadi lebih dikenal di seluruh dunia.

Salah satu alasan Tomlinson menggunakan simbol tersebut adalah karena simbol tersebut jarang digunakan, sehingga dapat meminimalisir ambiguitas yang mungkin akan muncul.

“Ia adalah satu-satunya preposisi yang ada di keyboard komputer,” kata Tomlinson, menyebutkan alasan lain mengapa dia menggunakan simbol “@”. Sayangnya, tidak ada ditemukan catatan mengenai email pertama yang pernah dikirimkan.

Pada wawancara dengan NPR di tahun 2009, Tomlinson berkata, “Email pertama yang dikirimkan sangat mudah dilupakan… dan karena itulah, ia sekarang telah dilupakan.”

Tomlinson lahir di New Amsterdam, New York, di tahun 1941. Dia menempuh pendidikan tinggi di kampus bergengsi Massachusetts Institute of Technology. Lalu bekerja di perusahaan Bolt Beranek and Newman, sekarang bernama Raytheon BBN Technologies.

Saat bekerja di situ, Ray menemukan cara mengirim pesan antara orang satu dengan lainnya di komputer dan server yang berbeda. Program itu bekerja di jaringan komputer ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang merupakan cikal bakal internet.(*)

468×60 Banner semen
Logo Header Menu
web
analytics