counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Kamera Pengintai Pemkot Makassar Tak Maksimal Pantau Kejahatan

New Banner Semen

CELEBESONLINE (Makassar): Sarana kamera pemantau kota (CCTV) milik Pemerintah Kota Makassar yang berpadu dengan program Sombere and Smart City belum mampu menurunkan angka kejahatan yang terjadi di jalan. Hanya sedikit kamera pengintai di pusat kota yang bisa berfungsi dan terhubung dengan ruang pemantau (operation room) yang ditempatkan di Kantor Wali Kota Makassar.

Sekretaris Dinas Kominfo Kota Makassar Taufik Jaya Palaguna mengatakan, kamera pemantau (CCTV) yang berperan merekam dan memantau kegiatan di Kota Makassar hanya 69 kamera cctv. Dari jumlah tersebut terdapat 30 kamera yang bersifat bisa digerakan secara vertikal dan horizonal. Sisanya menggunakan kamera statis atau diam yang tidak mampu bergerak sama sekali sehingga cenderung memiliki keterbatasan tinggi.

“Permasalahan lainnya ialah dari jumlah kamera yang ada hanya terdapat 50 persen yang aktif memantau kota. Kamera terhambat pasokan listrik untuk mengoperasionalkan kamera-kamera tersebut. Kami terbatas jumlah kamera dan petugas,” kata Taufik Jaya Palaguna.

Petugas yang bekerja hanya dua orang pada waktu siang dan pada malam hari sama sekali tidak ada operator yang bekerja. Kedua pegawai Kominfo yang bertugas sebagai operator ini juga bekerja sebagai pengatur server. Pekerjaan di tempat ini sebenarnya ideal dikerjakan tujuh hingga delapan orang tenaga operator, ditambah perwakilan dari berbagai dinas terkait keamanan dan kebersihan Kota Makassar.(*)

Related posts

CELEBESONLINE