counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Cakwe, Kue Khas Tiongkok yang Laris Manis

New Banner Semen

CELEBESONLINE (Makassar): Cakwe merupakan salah satu kue tradisional etnis Tionghoa yang biasanya ditemui pada upacara keagamaan ataupun saat perayaaam Imlek. Namun, kue dengan rasa asin gurih tersebut kini bisa dijumpai di Jalan Bali yang telah disulap menjadi Pusat Kuliner Pecinan Makassar tiap akhir pekan.

Kue berupa roti gandum berbentuk oval panjang ini ini banyak dicari warga keturunan Tionghoa. Maklum, kue ini tergolong langka karena biasanya ada saat upacara keagamaan atau tahun baru China saja.

“Makanan ini sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu oleh masyarakat Tiongkok. Cakwe sendiri terbuat dari tepung beras dan bekin soda yang dicampur air lalu digoreng,” kata seorang pedagang, Tji Seng.

“Panganan khas ini dijual seharga Rp 5.000. Biasanya masyarakat memesan dalam jumlah lebih banyak. Sejak dibuka pusat kuliner ini, cakwe ini mulai ramai dipesan masyarakat umum di Makassar bahkan dari laur kota,” tambahnya.

Warga etnis Tionghoa ini membuka toko cakwe di Jalan Irian, Makassar. Ia mengatakan, seiring perkembangan, cakwe bisa juga dinikmati dengan aneka topping dengan rasa manis atau asin,  seperti coklat, gula, kacang, keju, maupun saus.

Menurutnya, Cakwe sendiri bukan makanan pokok tapi panganan ini dianggap sangat digemari oleh sebagian besar etnis Tionghoa sebagai makanan ringan yang dapat dinikmati dengan teh atau kopi panas.(*)

Related posts

CELEBESONLINE