counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Trotoar di Makassar Sering Salah Fungsi

CELEBESONLINE (Makassar): Sedianya jalan raya dan trotoar merupakan fasilitas umum yang dibangun pemerintah untuk kepentingan umum. Sebagai tempat lalu lintas kendaraan dan pejalan kaki.

Bagaimana di Kota Makassar? Jalan dan trotoar di Kota Makassar sering salah fungsi dan ini sudah berlangsung bertahun-tahun. Sejumlah ruas jalan dan trotoar di kota makassar justru banyak digunakan sebagai lahan parkir dan tempat berjualan.

Seperti yang terlihat di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya depan komplek SD Sudirman Makassar. Sejumlah kendaraan roda empat terparkir di bahu jalan. Meski telah terpasang rambu dilarang parkir, tetap saja ada yang parkir.

Trotoar yang seharusnya untuk pejalan kaki namun kerap dijadikan lahan parkir kendaraan roda dua dan tempat berjualan pedagang kaki lima. Hal yang sama terjadi dekat Rumah Sakit Pertiwi dan Jalan Bulusaraung. Trotoar lebih berfungsi sebagai tempat parkir kendaraan roda dua maupun roda empat.

Hal sama juga terlihat di Jalan AP Pettarani utamanya seberang depan Menara Phinisi. Tidak ada ruang bagi pejalan kaki untuk memanfaatkan trotoar. Trotoar dipakai sebagai tempat berjualan dan bahu jalan dipakai sebagai tempat parkir. Alhasil, pejalan kaki berjalan di jalan yang sangat riskan menjadi korban tabrakan.

Hal serupa juga terlihat di Jalan Sultan Alauddin, khususnya depan Lembaga Pemasyarakatan Klas I Makassar. Penjual langsat, rambutan, dan pedagang makanan seolah sebagai penguasa trotoar. Selain menggunakan trotoar, mereka seenaknya membuang sampah di jalan.

Kondisi lebih parah di Jalan Ratulangi Makassar, khususnya depan Toko Agung. Kendaraan yang parkir sudah menggunakan bahu jalan dan bikin macet.

Hanya beberapa trotoar yang betul-betul jadi tempat pejalan kaki. Misalnya mulai dari Kantor Kesdam VII/Wirabuana hingga Lapangan Hasanuddin serta depan rumah jabatan Gubernur Sulsel di Jalan Jenderal Sudirman. Atau di Jalan Urip Sumoharjo depan markas Kodam VII/Wirabuana.(*)

468×60 Banner semen
Logo Header Menu
web
analytics