counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Kerajinan Kerang Warga Untiya Butuh Pemasaran

CELEBESONLINE (Makassar): Kerajinan tangan yang dibuat warga Untiya, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, ini terbilang unik. Kerajinan itu terbuat dari kerang yang diperoleh warga dari pesisir laut sekitar rumah warga. Sayang sekali, kerajinan tangan yang seharusnya dapat membantu masyarakat mendapatkan tambahan penghasilan ini belum dapat perhatian dari pihak pemerintah.

Keahlian membuat kerajinan tangan dari warga tak hanya menggunakan kerang. Warga juga menggunakan barang daur ulang untuk menambah penghasilan mereka yang selama ini hanya menjadi nelayan.

Berbagai bahan dasar itu direkatkan dengan menggunakan lem pada pola tertentu semisal untuk membuat hiasan meja hingga hiasan lainnya. Bahkan anyaman bambu juga dimanfaatkan warga untuk membuat topi hingga keranjang tempat buah.

Ketua UKM Untia Tamrin Efendi, warga dapat membuat dua hingga tiga kerajinan anyaman bambu dalam sehari. Begitu pula untuk kerajinan tangan berbahan kerang. “Hanya sayang sekali, kami belum mendapatkan perhatian khusus untuk menyalurkan karya kami. Kami belum menemukan pasar untuk dapat menjual hasil karya para warga,” kata Lurah Untia, Andi Patiroy.

Warga dan pihak Kelurahan Untia berharap Pemerintah Kota Makassar dapat menyalurkan kerajinan tangan yang dibuat warga masyarakat untuk menopang perekonomian masayarakat.(*)

468×60 Banner semen
Logo Header Menu
web
analytics