counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Supaya Anak Terhindar Sebagai Korban Pencabulan

New Banner Semen

CELEBESONLINE (Makassar): Menghindari anak dari perilaku penyimpangan seksual dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut beberapa cara yang CELEBES TV rangkum dari psikolog agar anak tidak menjadi pelaku atau korban penyimpangan disorientasi seksual.

Supaya terhindar sebagai pelaku atau korban penyimpangan seksual:

1. Memperhatikan lingkungan anak bermain;
2. Mengawasi aktivitas sosial anak;
3. Membatasi akses informasi terutama internet kepada anak;
4. Memberikan pemahaman sex education sejak dini.

Agar anak tidak menjadi pelaku atau korban penyimpangan seksual sebenarnya lebih mengutamakan pada fungsi orangtua mendidik anak. Pertama, orangtua wajib mengetahui lingkungan yang ada di sekitar rumah. Sering kali perilaku angka kasus penyimpangan sosial dan seksual terhadap anak dilakukan di daerah padat penduduk, rawan kriminal, serta di lingkungan masyarakat menengah bawah. Minimnya peran pamong wilayah seperti RT/RW dan masyarakat dalam mengawasi anak-anak bermain justru menjadi kesempatan bagi pelaku melakukan hal yang tidak diinginkan.

Kedua, orangtua perlu melihat dan mengenali teman bermain sang anak. Mengenali teman bergaul si anak atau menjalin komunikasi dengan orangtua temannya dapat meningkatkan kepercayaan sosial dan jiwa saling menjaga satu sama lainnya antara si anak dan teman-temannya.

Ketiga, membatasi anak mengonsumsi media terutama mengakses internet. Akses internet yang bebas dapat pula membawa unsur negatif berupa kekerasan dan pornografi.

Keempat, pendidikan seks. Pendidikan seks yang dimaksud ialah etika anak dalam keseharian yang berkaitan langsung dengan organ vital seperti memberikan informasi bahwa organ vital anak tidak boleh disentuh siapapun, memakai handuk setelah mandi, serta melawan, berteriak, dan melapor jika ada pihak yang melakukan tindakan tidak menyenangkan kepada si anak khususnya yang berkaitan dengan organ seksual.(*)

Related posts

CELEBESONLINE