counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Khusus Lebaran, Sapi Asal Australia Dikirim ke Sulsel

CELEBESONLINE (Makassar): Perusahaan peternakan sapi jenis Brahman, PT Tanjung Unggul Mandiri, telahmenyiapkan sapi asal Australia untuk memenuhi permintaan daging sapi yang melonjak jelang Lebaran tahun ini. Sedikitnya enam ribu ekor sapi asal Australia yang digemukkan oleh PT Tanjung Unggul Mandiri akan dikirim setiap bulan ke berbagai pelosok Indonesia.

Sulawesi Selatan termasuk daerah tujuan pengiriman sapi tersebut. Pada kunjungan tim CELEBES TV ke kawasan peternakan sapi terbesar di indonesia di Teluk Naga, Kota Tangerang, Banten, sebanyak 24 ribu sapi asal Australia diternakkan di tempat itu. Sapi ini dalam proses penggemukan selama empat bulan. Ketika sapi sudah berbobot 450 kilogram, maka akan dikirim dan dijual ke rumah potong hewan.

Supply Chain Manager PT Tanjung Unggul Mandiri, Tri Nugrahwanto, mengungkapkan, pihaknya memilih bakalan sapi asal Australia karena negara tersebut telah dikenal sebagai produsen sapi unggul. Selain itu, produk ternak yang dikirim dari Australia dapat dijamin aman dari penyakit mulut dan kuku.

“Sesuai peraturan pemerintah terkait sektor peternakan, Indonesia hanya mendapat izin mengimpor hewan ternak dari negara yang bebas penyakit mulut dan kuku pada hewan,” kata Tri Nugrahwanto.

Kawasan penggemukan itu seluas 64 empat hektar ini yang dapat menampung 43 ribu ekor sapi. Setiap bulan sekira 6.000 ekor sapi dewasa dilepas ke rumah potong hewan ke sejumlah provinsi di Indonesia. Saat hari raya Lebaran, bahkan penyaluran sapi jenis Brahman ini mencapai 7.500 ekor dalam sebulan.(*)

468×60 Banner semen
Logo Header Menu
web
analytics