counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Australia Ajak Mahasiswa Indonesia Lihat Peternakan Sapi

New Banner Semen

CELEBESONLINE (Makassar): Penerima beasiswa Australian Awards Scholarships dari berbagai daerah di Indonesia meninjau peternakan di kawasan Merlwood Farm, Queensland, Australia, Kamis (31/03/2016). Ini salah satu rangkaian pelatihan peternakan sapi jenis Brahman yang merupakan kerjasama pemerintah Australia dalam pengembangan ternak sapi unggul di Indonesia. CELEBES TV ikut dalam rombongan itu.

Lima belas orang lingkup Kementerian Pertanian dari beberapa daerah di Indonesia mengikuti kursus singkat penggemukan dan pembiakan sapi di Universitas Queensland, Australia. Kursus singkat tersebut dilakukan untuk mendorong inovasi sektor peternakan dengan manajemen yang baik pada penggemukan dan pembiakan sapi.

Sebagai bagian dari kursus tersebut, peserta dari kelompok junior policy ini berkesempatan mengunjungi Merlwood Farm, salah satu usaha pertanian dan peternakan keluarga. Usaha ini memiliki lahan luas untuk menanam rumput dan tanaman legum sebagai pakan utama lima ratusan ternak sapi.

Semua peserta antusias menerima penjelasan mengenai sejarah pengelolaan Merlwood Farm dan bagaimana perkembangannya sampai saat ini. Penerima beasiswa Australian Award ditemani oleh Professor Max Shelton dari Universitas Queensland yang memberikan penjelasan tentang pemanfaatan rumput dan leuceuna (dibaca leukina) sebagai pakan ternak yang mampu meningkatkan produktifitas peternakan. Leuceuna ini di Indonesia dikenal dengan nama Lamtoro.

Tri Guntoro, penerima beasiswa Australian Award, mengatakan, program ini memberikan pengetahuan manfaat tanaman legum atau leuceuna (baca leukina) untuk mengatasi masalah umum peternakan di Indonesia seperti nutrisi yang kurang, produktifitas anak yang sedikit, dan ternak yang kehilangan berat badan saat musim kemarau.(*)

Laporan: Azwar Parewangi dan Mukhtar Luthfi (CELEBES TV)

Related posts

CELEBESONLINE