counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Beredar Lowongan Kerja Palsu di Semen Bosowa

CELEBESONLINE (Makassar): PT Semen Bosowa Maros kembali diterpa kasus pencatutan nama dengan modus lowongan kerja. Ini kasus kedua yang dialami Semen Bosowa Maros sejak tahun 2015.

“Kami tidak membuka lowongan kerja saat ini. Namun, satu pihak yang tidak bertanggung jawab mengatasnamakan sebagai pihak Semen Bosowa Maros mengumumkan di media sosial dan media online bahwa Semen Bosowa Maros membuka lowongan kerja. Informasi itu menyesatkan,” kata Human Resources & General Affair Department Head Bosowa Semen, Budiman Habe, Kamis (31/3/2016), di Menara Bosowa, Jl Jenderal Sudirman No 5 Makassar.

Budiman menuturkan, pelaku mengedarkan informasi palsu bahwa Semen Bosowa membuka lowongan pekerjaan untuk posisi technical trainee program, administrasi, assistant management, serta analisis kimia dan pengolahan. Pelamar diiming-imingi gaji awal Rp 8 juta per bulan, uang makan dan transportasi Rp 27 ribu per hari, tunjangan Jamsostek dan seragam. Lowongan ditutup hingga 16 April 2016 yang memakai kop surat PT Semen Bosowa Indonesia beralamat di Menara Karya Jakarta.

Mereka yang sedang mencari kerja pun menjadi korban. Korban mengirim surat lamaran dan beberapa hari kemudian, pelaku menghubungi korban dan berpura-pura bahwa korban telah lulus berkas. Tahap selanjutnya, korban diminta ke kantor pusat Semen Bosowa Maros di Jakarta untuk wawancara kerja.

Korban kemudian diminta mengirim uang agar uang itu dipakai pelaku untuk membeli tiket perjalanan ke Jakarta. Korban dijanjikan akan mendapatkan uangnya kembali saat tiba di Jakarta. Tipuan itu ternyata berhasil. Banyak yang mengirim lamaran kerja.

Sebagian pelamar mendatangi Menara Bosowa untuk memasukkan lamarannya. Ada juga sejumlah pelamar ada yang mengklarifikasi melalui email Bosowa Semen. Selain di Makassar, ada juga korban yang tertipu di Bosowa Semen, Banyuwangi, Jawa Timur. Mereka baru sadar telah tertipu setelah mendapat informasi resmi dari Semen Bosowa Maros.

“Kami dirugikan. Nama baik kami dicemarkan pihak yang tidak bertanggung jawab,” kata Budiman.

Tipuan dengan modus sama pernah terjadi pada Oktober 2015. Puluhan orang tertipu dengan tiap-tiap korban rata-rata mengirim uang antara Rp 3 juta sampai Rp 5 juta. “Perlu kami tegaskan, Bosowa Semen selalu membuka lowongan kerja melalui iklan di media cetak dan media elektronik resmi. Juga melalui bursa kerja di kampus-kampus,” kata Budiman Habe.(*)

468×60 Banner semen
Logo Header Menu
web
analytics