counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Celebes TV ke Brisbane, Tempat Pemerintah Makassar Harus Belajar Fasilitas Publik

CELEBESONLINE (Australia): Australia dikenal dengan beberapa kota besar dengan berbagai kemegahan bangunannya. Salah satunya berada di Kota Brisbane, Australia. Kota ini bisa menjadi rujukan bagi Pemerintah Kota Makassar utamanya menyangkut pengelolaan sistem transportasi dan fasilitas publik.

Ada beberapa kota besar di Australia yang menjadi pusat bisnis dan pusat modernisasi. Salah satunya berada di Brisbane, ibu kota negara bagian Queensland ini menjadi salah satu kota pusat bisnis dan industri yang terkenal di Australia bahkan di dunia.

Brisbane adalah sebuah kota kecil yang menarik yang berlokasi dan di tepian Brisbane River. Kota moderen ini memiliki pusat bisnis yang tiap hari ramai dengan aktivitas bisnis masyarakatnya maupun kunjungan wisatawan mancanegera yang tiap hari datang.

Di sela kunjungan ke negara anguru ini, tim CELEBES TV berkesempatan berkunjung di kota dengan jumlah penduduk tidak sepadat di Indonesia. Hal yang lumrah ditemui di kota-kota besar seperti kebanyakan di Indonesia dan Makassar pada khususnya adalah kemacetan. Namun dengan pengelolaan transportasi publik yang baik dan profesional membuat kota ini jauh dari hiruk pikuk kemacetan ibu kota.

Beberapa fasilitas umum yang bisa ditemui di kota ini di antaranya fasilitas tansportasi publik yang terintegrasi dari halte ke halte, penyediaan tempat pembuangan sampah di berbagai sudut kota, taman kota, fasilitas internet tanpa bayar, dan fasilitas kendaraan sepeda yang setiap saat dapat digunakan. Selain itu, jejeran kafe dan restoran terbuka di tengah kota menjadikan kawasan ini menjadi daya tarik bagi wisatawan maupun masyarakatnya sendiri.

Bukan hanya itu, kota yang bertabur bangunan pencakar langit ini memberikan keleluasaan bagi wisatawan asing untuk beraktifitas dengan nyaman selayaknya tamu yang disambut hangat oleh masyarakat setempat. Sangat jarang dijumpai pengendara sepeda motor. Hal ini terlihat pada jam jam sibuk masyarakat saat beraktifitas, mereka lebih memilih berjalan kaki ke tempat kerja, menggunakan fasilitas sepeda, ataupun memaksimalkan fasilitas transportasi publik yang disediakan pemerintah setempat.

Kehidupan masyarakat di kota kecil ini lebih menuntut kedisiplinan waktu dan profesional. Berkaca dengan kota kecil di salah satu negara bagian Australia ini, sepantasnyalah Pemerintah Indonesia dan khususnya Pemerintah Kota Makassar merancang sistem transportasi publik maupun penyediaan fasilitas publik yang efektif dan memadai bagi mayarakat di Kota Makassar.(*)

Laporan: Azwar Parewangi dan Mukhtar Lutfi untuk CELEBES TV

468×60 Banner semen
Logo Header Menu
web
analytics