counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Indonesia Resmi Calon Tuan Rumah Piala Asia 2023

New Banner Semen

CELEBESONLINE (Kuala Lumpur): Indonesia dipastikan menjadi salah satu kandidat tuan rumah Piala Asia 2023. Indonesia akan bersaing dengan Tiongkok, Thailand, dan Korea Selatan.

Ya, The Asian Football Confederation (AFC) telah menetapkan secara resmi empat negara yang bakal bersaing untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Demikian hasil rapat Komite Kompetisi AFC yang berlangsung di Malaysia, Selasa (12/4/2016).

Indonesia dengan tiga negasa saingannya sebelumnya mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Empat negara ini mampu memenuhi syarat awal yang ditetapkan hingga tenggat waktu pada 31 Maret lalu.

Lewat situs resminya, AFC menyatakan pihaknya akan segera mengirimkan surat perjanjian penawaran serta daftar pertanyaan bagi kandidat tuan rumah ke masing-masing negara. AFC juga akan meminta surat jaminan dukungan pemerintah dan dan dokumen penawaran resmi.

“AFC akan mengirimkan perjanjian penawaran dan daftar pertanyaan untuk para kandidat tuan rumah, dan meminta jaminan dari pemerintah, serta pendapat hukum atas penawaran tersebut,” tulis AFC melalui laman resminya.

Masuknya Indonesia dalam pencalonan tuan rumah Piala Asia 2023 tentu mengejutkan banyak pihak. Sebab, sudah hampir setahun belakangan ini, Indonesia disanski oleh FIFA. Indonesia dilarang tampil di pentas internasional akibat intevensi yang dilakukan pemerintah terhadap PSSI.

Sebelumnya, Indonesia pernah menjadi tuan rumah bersama Vietnam, Thailand, dan Malaysia pada Piala Asia 2007. Ketika itu, timnas Indonesia yang diarsiteki Ivan Kolev gagal lolos dari fase grup.

Sedangkan untuk Piala Asia 2019 yang bakal digelar di Uni Emirat Arab, skuat Garuda dipastikan absen. Itu setelah, didiskualifikasi pada babak kualifikasi lantaran terkena sanksi suspensi FIFA per 30 Mei 2015 lalu. Berbeda dengan Piala Asia di Australia 2015 lalu yang hanya diikuti 16 negara, di UAE turnamen ini akan diikuti 24 negara.

PSSI sendiri telah mendaftarkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Asia 2023 sejak tahun lalu. Langkah ini untuk membalas surat yang dilayangkan oleh AFC kepada para anggotanya, 12 November lalu.(*)

Related posts

CELEBESONLINE