counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Pura-Pura Jual Buku, Gasak Barang Jamaah di Masjid Maros

New Banner Semen

CELEBESONLINE (Maros): Seorang pria paruh baya ditangkap anggota kepolisian Polres Maros, Rabu (4/5/2016). Pria bernama Herman ini merupakan spesialis pencuri barang bawaan jamaah masjid di Maros.

Dalam menjalankan aksinya, lelaki berusia 53 tahun itu berpura-pura menjadi penjual buku keliling di berbagai tempat seperti kampus bahkan masjid yang menjadi sasaran utamanya.

Warga Jalan Tinumbu, Makassar, ini telah melakukan aksinya lebih dari 50 kali di tiga kabupaten berbeda diantaranya Makassar, Maros, dan Pangkep. Sebanyak 18 kali aksinya dilakukan di sejumlah Masjid di Maros.

Kasubag Humas Polres Maros, AKP Muhammad Asgar, mengatakan bahwa dalam menjalankan aksinya, pelaku selalu tampil rapi, berpakaian agamais sehingga orang tidak curiga terhadapnya.

“Dia pakai baju Koko, tampil tapi. Jadi jamaah Masjid tidak curiga kepadanya,” kata Asgar.

Aksi Herman pun akhirnya terkuak saat sedang beraksi di sebuah masjid di Maros. Ia nekad mengambil barang berharga miliki jamaah yang tengah shalat. Ia tidak bisa berkelik karena aksinya terekam dalam kamera pengintai atau CCTV.

Tersangka ditangkap Satuan Reakrim Polres Maros. Dari tangan pelaku, polisi menyita beberapa barang bukti hasil curian seperti sepatu, ponsel, laptop, dan tas.

Barang curian ini dijual pelaku ke berbagai tempat di Makassar. “Saya sudah tiga tahun menjalani aksi ini. Barangnya saya jual di Makassar,” ungkap Herman.

Saat ini, pelaku masih mendekam di tahanan Mapolres Maros. Polisi juga masih melakukan pengembangan untuk mengungkap jaringan penadah barang-barang hasil curian.
Atas aksinya, pelaku dijerat pasal 362 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pencurian dengan pemberatan. Pelaku diancam kurungan 7 tahun penjara.(*)

Baharuddin Arifin/Celebes TV

Related posts

CELEBESONLINE