counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

BNPT Ajak Penggiat Dunia Maya Cegah Terorisme Dunia Maya

CELEBESONLINE (Makassar): Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar pelatihan Duta Damai Dunia Maya tingkat Sulsel di Hotel Aryaduta, Makassar. Pelatihan yang dimulai hari ini, Selasa (17/5/2016) sore sampai 19 Mei mendatang diikuti 60 duta damai dari berbagai daerah di Sulsel.

Para Duta Damai ini merupakan penggiat di dunia Maya yang dibagi dalam tiga kategori yaitu IT, blogger/penulis, dan desain program. Tidak hanya dari Sulsel, peserta juga ada yang datang dari Manado (Sulawesi Utara) dan Mamuju (Sulawesi Barat).

Kegiatan dengan tagline “Satu Tekad Indonesia Damai” ini merupakan lanjutan dari workshop tahun 2015. Program damai dunia maya ini digelar di 5 provinsi, setelah di Medan kini digelar di Makassar.

“Ini untuk memperkuat sinergitaals BNPT dengan para penggiat dunia maya untuk menekan radikal teroris di dunia maya,” kata ketua panitia, Mayor Eko Mulyono. “Kegiatan ini diharapkan menghasilkan produk berkualitas untuk kepentingan bangsa dan negara.”

Mayor Eko Mulyono menambahkan bahwa pelatihan ini digelar karena saat ini makin maraknya konten kekerasan dan terorisme yang disebarkan kelompok radikal di dunia maya. Nah, tugas para duta dan juga seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama mencegah terorisme di dunia maya, sehingga tercipta keamanan dan kedamaian tanpa teroris.

Pelatihan ini dibuka oleh Direktur Pencegahan BNPT, Brigjen Polisi Hamidin. Perwira polisi berusia 53 tahun itu memaparkan keberadaan kelompok radikal dan teroris di Indonesia.

“Masyarakat yang ikut lelompok-kelompok radikal dan terlibat aksi terorisme itu berdasarkan banyak faktor. Ada Ekonomi, sosial, ideologi, balas dendam, dan lainnya. Seperti kelompok Santoso, kebanyakan mengikutinya karena faktor sakit hati dan balas dendam,” kata Hamidin.

Dengan adanya pelatihan ini, Hamidin berharap masyarakat makin tanggap dalam menghindari dan mencegah ruang gerak terorisme di Indonesia.(*)

468×60 Banner semen
Logo Header Menu
web
analytics