counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

BNPT: Banyak Pelaku Terorisme Berasal dari Sulsel

CELEBESONLINE (Makassar): Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengatakan bahwa paham radika dan terorisme kian berkembang di Sulsel, khususnya di Makassar. Bahkan, banyak pelaku teroris yang berasal dari Sulsel.

Hal itu sampaikan Deputi 1 Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT, Mayjend TNI Abdul Rahman Kadir, dalam diakusi¬†“Pencegahan Paham Radikalisme dan Terorisme di Sulsel yang gelar di Kabupaten Maros.

“Kami mendeteksi keberadaan paham radikalisme dan kelompok teroris di Sulsel dan telah berkembang di sejumlah kota/kabupaten, khususnya di Makassar. “Tidak bisa ditampik, beberapa pelaku terorisme banyak berasal dari masyarakat Sulsel.,” katanya.

“Bahkan, Sulsel merupakan salah satu daerah asal teroris di Indonesia bagian timur. Sudah banyak pelaku teroris yang ditangkap berasal dari Sulsel,” tambahnya.

Penyebaran paham radikalisme, kata Abdul Rahman, kebanyakan dilakukan melalui pondok pesantren, masjid, sampai pertemuan majelis taklim. Selain itu, internet atau dunia maya kini menjadi salah satu wadah penyebaran paham radikal.

Abdul Rahman menambahkan, berdasarkan deteksi yang dilakukan BNPT, Makassar merupakan salah satu kota di Indonesia timur yang menjadi sasaran penyebaran paham radikal dan terorisme. Selain itu, Radikalisme juga kian berkembang di NTB.

“Karena itu, kami berharap banyak pada para Da’i untuk memberikan pemahaman yang lurus kepada masyarakat terkait ajaran agama Islam yang sebenarnya. Sehingga masyarakat tidak mudah terpengaruh dengan paham radikal yang berkaitan dengan kelompok terorisme,” ucapnya.

“Apalagi saat Ramadan nanti. Kami mewanti-wanti masyarakat agar lebih waspada. Karena para pelaku terorisme ini juga banyak melakukan kegiatan-kegiatan Amaliah selama Ramadan,” tutupnya.(*)

Baharuddin Arifin/Celebes TV

468×60 Banner semen
Logo Header Menu
web
analytics