counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Tekan Kematian Ibu dan Bayi, Yuk Manfaatkan SMS Bunda

New Banner Semen

CELEBESONLINE (Makassar): Angka kematian ibu dan bayi saat melahirkan ataupun pasc amelahirkan masih terbilang tinggi. Di Makassar, pada triwulan pertama 2016 ini, sudah ada satu ibu yang meninggal saat melahirkan karena pendarahan.

Kasus seperti ini terjadi karena masih banyak ibu hamil ataupun suakinya yang kurang pemahaman bagaimana menjaga diri dan kandungan selama hamil. Atapun masih banyak yang tidak peduli saat ada tanda-tanda tidak biasanya selama kehamilan, yang bisa saja berakibat fatal.

Nah, sekarsng muncul program pesan singkat atau short massage system (SMS) Bunda. melalui SMS Bunda, para ibu ataupun suami mendapatkan sejumlah informasi panduan tentang kehamilan serta bagaimana menangani bayi sampau usia 2 tahun.

Informasi ini diharapkan dapat menekan angka kematian ibu dan bayi. Karena para ibu serta suaminya lebih peduli dengan kondisi kehamilannya serta segera memeriksana diri ke petugas kesehatan jika menemukan tanda-tanda bahaya.

Pemaparan tentang SMS Bunda ini dilakukan dalam diskusi yang mengangkat tema “Menurunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi Melalui SMS Bunda”. Diskusi yang digelar di Gesung BaKTI itu dihadiri juga para blogger dan jurnalis.

Tim Klinis SMS Bunda, Istiani Purbasari, menjelaskan bahwa SMS Bunda itu akan meningkatkan pengetahuan ibu tentang praktek perawatan kesehatan yang tepat dan hal-hal yang harus diantisipasi selama masa hamil, saat melahirkan, sampai pasca melahirkan.

“Termasuk meningkatkan kemampuan para ibu untuk mengenali tanda-tanda bahaya selama kehamilan dan pada bulan pertama kelahiran,” katanya.

Program ini pun mendapat dinilai oleh Dinas Keaehatan Makassar sangat baik untuk para ibu hamil. “Dengan memberikan informasi dan panduan yang dikirimkan melalui SMS Bunda ini diharapakan dapat menurunkan angka kematian ibu dan bayi,” kata Kasi Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Kota Makassar, Hj Wirda A.

Untuk mendaftar, cukup mengirim SMS ke nomor telepon seluler 08118469468 yang isinya adalah REG (spasi) perkiraan tanggal bersalin (spasi) Kab/Kota. Sebagai contoh, REG 23/07/2016 MAKASSAR.

Setelah mendapatkan konfirmasi, maka maka peserta akan mendapatkan SMS rutin terkait kesehatan ibu dan bayi yang dikondisinya dengan usia kehamilan ataupun usia anak sampai 2 tahun. Makin dekat persalinan, SMS yang dikirim biasanya makin intens, karena masa itu dianggap rawan.

Isi SMS berisi info kesehatan seputar kehamilan ataupun pasca melahirkan. Selain itu juga berisi tanda-tanda komplikasi kehamilan, persiapan melahirkan, penggunaan suplemen zat besi, gizi untuk ibu dan pemberian ASI, praktek perawatan nifas dan bayi baru lahir, keluarga berencana, tanda-tanda penyakit pada bayi baru lahir, dan kapan mencari penanganan.

“Selain ibu hamil bersangkutan atau yang memiliki bayi dapat mendaftarkan diri langsung, juga dapat didaftarkan oleh orang lain seperti keluarga, kerabat atau bidan dan tenaga medis lainnya,” kata Istiani.

Caranya dengan mengirim pesan ke nomor hp tujuan 0811469468 yang berisi pesan, UNDANG (spasi) No Hp (spasi) perkiraan tanggal bersalin (spasi) kab/kota.(*)

Related posts

CELEBESONLINE