counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Kongres UMKM Yogyakarta Deklarasikan Hari Nasional UMKM

CELEBESONLINE (Makassar): Ratusan pendamping koperasi dan UMKM dari seluruh Indonesia berkumpul di Yogyakarta dalam gelaran kongres nasional UMKM dan Temu Nasional Pendamping ke 2 (TNP2). Dalam gelaran kongres UMKM di Yogyakarta (25-26/5) ini dideklarasikan Hari nasional UMKM ditandai penandatanganan oleh 15 orang deklarator mewakili lembaga pedamping dan perwakilan peserta dari seluruh Indonesia.

Salah seorang Steering Committee Kongres UMKM dan Temu Nasional Pendamping (TNP) Yogyakarta, Tika Noorjaya mengatakan, deklarasi Hari Nasional UMKM merupakan salah satu dari sapta upaya dalam Piagam Yogyakarta, sebagai produk dari Kongres Nasional UMKM dan Temu Pendamping UMKM.”Upaya ini dimaksudkan agar lebih membangun eksistensi dan kinerja UMKM, yang akan menjadi focal event atau focal point berbagai kegiatan pengembangan UMKM nasional secara periodik di masa depan.

Hari UMKM Nasional ini hari kerja yang tidak akan menambah daftar panjang catatan hari libur kita,” ujarnya. Dipilih tanggal 12 Agustus sebagai Hari Nasional UMKM sebagai penghargaan kepada Bapak Koperasi, Bung Hatta, yang lahir pada 12 Agustus 1902, tambahnya.

Ketua DPN Asosiasi Business Development Service Indonesia (ABDSI), Samsul Hadi mengatakan, hari nasional UMKM akan menjadi peringatan dimana para pihak meneguhkan semangat kerja kewirausahaan, semangat kerja membangun negeri melalui ekonomi kerakyatan. Lebih jauh dikatakan Cak Samsul Hadi, hari nasional UMKM sebagai hari kerja dan bukan hari libur diharapkan memperteguh posisi UMKM sebagai penggerak ekonmi kerakyatan, meningkatkan produktifitas dan daya saing melaui kerja, kerja dan kerja.

Selain itu diharapkan membangun kebanggaan dan rasa percaya diri UMKM, mendorong pemerintah dan stakeholder kembali ke jalan lurus seperti yang digariskan founding father Muhammad Hatta membangun Indonesia melalui ekonomi kerakyatan, serta menciptakan iklim kondusif bagi tumbuh berkembangnya UMKM.

Hari Nasional UMKM sebagai hari spesial bagi para pegiat UMKM untuk menunjukkan eksistensi dan kinerjanya selama ini. Direncanakan peringatan Hari UMKM akan digelar pertama kali pada tanggal 12 Agustus 2016 mendatang di Jakarta.(*)

Bahrul ulum Ilham
Sekretaris ABDSI Korwil Sulsel
Melaporkan dari Yogyakarta

468×60 Banner semen
Logo Header Menu
web
analytics