counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Telkomsel Pastikan Jaringan Aman Selama Ramadan dan Idul Fitri

New Banner Semen

CELEBESONLINE (Makassar): Telkomsel kembali melakukan agenda tahunan Network Drive Test atau Uji Coba Jaringan bersama media di jalur Inner City Makassar, Jumat (10/6/2016). Network Drive Test ini dilakukan untuk memastikan kesiapan jaringan Telkomsel selama Ramadhan dan Lebaran 1437 H.

Uji coba dilakukan di jalur Inner City Makassar yang merupakan area keramaian yaitu rute Pelabuhan, Karebosi, Terminal Daya, dan Bandara Sultan Hasanuddin. Dalam drive test tersebut, jaringan Telkomsel jalur tersebut tercatat prima.

“Masa Ramadhan dan Lebaran merupakan momen spesial bagi masyarakat Indonesia. Untuk itu Telkomsel ingin memastikan seluruh layanannya berfungsi dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan,” kata Vice President ICT Area Pamasuka, Ali Imran, dalam Press Confrence Drive Test Telkomsel dan BRTI di Hotel Grand Clarion Makassar, Jumat (10/6/16).

“Apalagi sekarang, Telkomsel sudah menyelenggarakan jaringan LTE 4G. Dengan telah hadirnya layanan Internet cepat Telkomsel 4G LTE yang juga telah tersebar di lebih dari 100 kota/kabupaten, kami harap juga akan semakin menambah kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi di momen spesial tersebut,” tambahnya.

Selama momen Ramadhan dan Lebaran, khususnya di masa mudik dan pada saat Lebaran tahun ini, Telkomsel memprediksi akan terjadi lonjakan trafik komunikasi di daerah jalur mudik dan tujuan wisata dibandingkan trafik di hari biasa. Lonjakan trafik akan terjadi diantaranya pada layanan SMS yang berkisar antara 5 -15 persen mencapai 930 juta SMS, dan layanan Data yang akan melonjak naik antara 15 -25 persen menembus 2.700 Tera Byte.

Untuk Regional Sulawesi, lonjakan trafik akan terjadi diantaranya pada layanan voice yang mencapai 219 juta menit, layanan Data yang akan melonjak naik sekitar 20 persen menembus 253 Tera Byte, dan layanan SMS diperkirakan mencapai 41 juta SMS.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Telkomsel melakukan serangkaian kegiatan optimalisasi jaringan, seperti menjaga ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan. Di sepanjang jalur utama mudik di Sulawesi telah disediakan kelonggaran sebesar 55 persen.

Telkomsel juga telah mengidentifikasi sebanyak 809 hotspot atau POI (Point of Interest) yang meliputi bandar udara, terminal bus, stasiun kereta, dermaga, rumah sakit, area padat populasi, pasar tradisional, dan mal. Lokasi-lokasi tersebut diprediksi akan mengalami lonjakan komunikasi yang cukup tinggi di masa Ramadhan dan Lebaran.

Untuk memaksimalkan kapasitas di lokasi-lokasi tersebut, terdapat sebanyak 69 POI di Sulawesi telah disiapkan untuk melayani komunikasi pelanggan secara maksimal dan menyiagakan 90 Unit Combat yang di sebar di seluruh Sulawesi.(*)

Related posts

CELEBESONLINE