counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Jelang Idul Fitri, Disperindag Sulsel Jamin Stok Pangan Aman

CELEBESONLINE (Makassar): Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulsel mengakui kondisi stok pangan aman menghadapi hari raya Idul Fitri. Bahkan, harga sejumlah komoditas utama seperti beras, bawang merah, bawang putih, dan daging juga masih cukup stabil //

“Harga daging lokal di Sulsel masih pada kisaran Rp95 ribu hingga Rp 100 ribu. Sementara harga beras termurah masih pada kisaran Rp 7.300 hingga 7.500 per liter. Stok beras kita masih melimpah sebantak 140 ton, itu masih dapat menmenuhi kebutuhan hingga 2 tahun ke depan,” kata Kepala Disperindag, Hadi Basalamah.

Hadi menjelaskan, kondisi terigu di Sulsel juga tidak ada masalah. Karena salah satu perusahaan industri terigu di Kota Kakassar masih mampu memproduksi terigu sebanyak 2.000 ton perharinya. Hal serupa juga terjadi pada stok gula pasir yang masih tersedia dari 19 ribu sampai 20 ribu ton.

“Kita sudah melakukan penanganan terhadap kondisi stok komoditi utama ini sejak dua atau tiga bulan lalu sebelum Ramadan,” ucapnya.

Hal serupa disampaikan Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Sulselbar, Abdul Muis Ali. Menurutnya, untuk stok bawang merah tersedia sebanyak 70 ton, bawang putih dan minyak goreng masing-masing sebanyak 10 ton.

“Kami sudah telah menekan harga bawang merah dari Rp 40 ribu perkilogram menjadi Rp 25 ribu perkilogram. Demikian juga bawang putih, dari harga Rp 40 ribu perkilogram ditekan menjadi Rp 30 ribu perkilogram. Sementara harga daging lokal dari Rp 120 ribu perkilogram ditekan menjadi Rp 95 ribu perkilogram,” ucapnya.

Muis menambahkan, pihaknya menjamin stok komoditas pangan di Sulsel menghadapi Lebaran cukup aman. Bahkan pihaknya juga mengaku untuk daging sapi, sampai saat ini masih cukup aman tanpa adanya daging import.

“Meski demikian, kita juga siap mendistribusikan daging import ke Sulsel jika dibutuhkan,” imbuhnya.(*)

468×60 Banner semen
Logo Header Menu
web
analytics