counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Antisipasi Lonjakan Pendatang, Pemkot Makassar Akan Sweeping KTP

CELEBESONLINE (Makassar): Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar akan melakukan sweeping Kartu Tanda Penduduk (KTP). Ini untuk mengantisipasi lonjakan penduduk di kota Makassar akibat makin banyaknya pendatang yang biasa masuk saat arus balik pasca Idul Fitri 1437 H.

Kepala Dinas Dukcapil Makassar, Nielma Palamba, mengatakan bahwa pihaknya segera berkoordinasi dengan instansi terkait. “Antisipasi ini kegiatan rutin setiap tahun. Tapi harus koordinasi dulu dengan Otoritas Pelabuhan, Satpol PP, dan Pelni,” kata Nielma seperti dilansir dari makassarkota.go.id.

Nielma menuturkan, Dinas Dukcapil akan melakukan tertib dan sosialisasi berupa pemeriksaan dokumen kependudukan. Tujuannya, memberikan peringatan kepada masyarakat untuk selalu membawa dokumen kependudukan.

Upaya yang dilakukan hanya pembinaan administrasi kependudukan. Masyarakat yang ingin menetap di Kota Makassar harus melaksanakan ketentuan yang berlaku di kota ini.

Pemeriksaan KTP akan dilakukan di pelabuhan. Disdukcapil memilih pelabuhan karena kapasitasnya yang besar. Setiap kapal yang berlabuh mengangkut ribuan penumpang.(*)

468×60 Banner semen
Logo Header Menu
web
analytics