counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Kalah di Pengadilan, Walhi Sulsel Akan Banding

New Banner Semen

CELEBESONLINE (Makassar): Wahana Lingkungan Hidup (Sulsel) menegaskan akan menempuh tindakan hukum terkait keputusan hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Makassar yang menolak gugatan mereka atas kasus reklamasi Center Point of Indonesia (CPI). Atas keputusan tersebut, tergugat Pemerintah Provinsi Sulsel dinyatakan tidak bersalah atas reklamasi Pantai Losari.

“Kami akan melanjutkan proses gugatan dengan melakukan banding,” kata Direktur Eksekutif Nasional Walhi yang turu hadir pada persidangan itu, Kamis (28/07/2016) pagi.

Dua dari tiga hakim yang memimpin sidang putusan menyatakan menolak gugatan Walhi atas tergugat Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang melakukan reklamasi Center Point of Indonesia di Pantau Losari. Dua hakim menegaskan gugatan Walhi tidak sesuai fakta persidangan.

Dua hakim sepaham dengan menilai gugatan Walhi gugur demi hukum lantaran pengajuan dua gugatan yang dilayangkan Walhi salah satunya telah kadaluarsa melewati batas waktu pengajuan gugatan. “Selain itu dua majelis hakim juga menilai dampak pencemaran lingkungan tidak terjadi di lokasi reklamasi pesisir barat Pantai Losari,” kata Hakim Ketua Teddy Romyadi.

Pada siadan itu, pihak Walhi dan penasuhat hukumnya sempat menegur majelis hakim yang secara tiba-tiba meninggalkan ruang persidangan usai membacakan putusan penolakan terhadap gugatan perkara reklamasi pesisir barat Pantai Losari. Hakim pergi begitu saja tanpa meminta tanggapan penggugat.

Menurut Walhi, persoalan lingkungan tidaklah elok dipandang sebelah mata. Pasalnya, ancaman kerusakan lingkungan dapat membuat generasi merasakan dampaknya.(*)

Related posts

CELEBESONLINE