counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Warga Sulsel Enggan Mengaku ke Luar Negeri Sebagai TKI

CELEBESONLINE (Makassar): Kantor Imigrasi Klas I Makassar mencatat, pada tahun 2015, warga Sulsel yang keluar negeri dengan Passport TKI sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI) sebanyak 508 orang. Sementara sepanjang 2016 ini, hanya 54 orang.

Pihak Imigrasi Makassar menduga jumlah TKI asal Sulsel masih banyak yang tidak terdeteksi. Pasalnya, sebagian besar yang mengurus passport mengaku hanya berangkat keluar negeri untuk mengunjungi keluarga, bukan mengaku sebagai TKI.

“Kami menyulitkan untuk mendata warga Sulsel yang betul-betul berangkat sebagai TKI di luar negeri. Padahal, Imigrasi Makassar tidak memberikan perlakukan khusus antara passport TKI, pelaut, atau umum,” kata Kepala Kantor Imigrasi Klas I makassar, Haspion Irman, Jumat (29/7/2016).

“Yang ada hanyalah passport yang dipergunakan pelaut dan pasport dipergunakan untuk kerja. Rata-rata, warga Sulsel mengurus pasport dengan alasan mengunjungi keluarga dan tidak ingin disebut sebagai TKI. Sehingga ini cukup menyulitkan kami dalam mendata warga Sulsel yang berangkat sebagai TKI,” tambahnya.

Haspion menambahkan bahwa meski rata-rata warga Sulsel yang berangkat keluar negeri mengurus passport dengan alasan mengunjungi keluarga, namun pihaknya tetap melakukan pemantauan. Karena, banyak diantara warga Sulsel yang berangkat keluar negeri awalnya mengaku berangkat mengunjungi keluarga saat mengurus passpor. “Namun ketika sudah berada di negara tujuan, mereka mencari pekerjaa, apalagi jika ada yang tawari,” ucapnya.(*)

468×60 Banner semen
Logo Header Menu
web
analytics