counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Christina M Rantetana Perempuan Pertama yang Jadi Jenderal, Meninggal

CELEBESONLINE (Makassar): Laksamana Muda TNI (Purn) Christina Maria Rantetana, meninggal dunia Minggu malam sekitar pukul 21.45 WIB di Rumah Sakit AL Mintoharjo Jakarta Pusat. Christina meninggalkan lima orang anak dari pernikahannya dengan Cosman S Birana.

Jenazah Christina masih berada di rumah duka di Permata Harapan Baru, Blok A1 nomor 4 RT 4 RW 14, Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medan Satria, Harapan Indah Bekasi, Jawa Barat. Pada hari ini diadakan Misa Rquiem dan selanjutnya pada keesokan hari, jenazah akan diterbangkan ke Kota Makassar. Pihak keluarga menyebutkan, Christina akan dimakamkan di Toraja, Rabu (03/08/2016).

Cristina Maria yang lahir di Makale, Tana Toraja, 24 Juli 1955, merupakan perempuan pertama di TNI AL dan di ASEAN yang mendapatkan pangkat jenderal bintang dua. Ia masuk militer pada tahun 1979 melalui program Sekolah Perwira Sukarela TNI Angkatan Laut. Pada 1 November 2002, Kepala Staf TNI AL Laksamana Bernard Kent Sondakh melantiknya menjadi perwira tinggi wanita pertama TNI AL.

Semasa di Angkatan Laut, Christina pernah menjadi staf ahli Menko Polhukam bidang Ideologi dan Konstitusi, sekaligus sebagai Pelaksana Tugas Deputi 6 bidang Kesatuan Bangsa di kantor Menko Polhukam.

Pernah pula sebagai anggota Fraksi TNI/Polri DPR RI tahun 1997-1999 dan tahun 1999-2004. Jabatan yang pernah diemban selama di DPR RI yakni sebagai Sekretaris Fraksi TNI/Polri.

Sumber Wikipedia menuliskan, Christina merupakan perempuan “serba pertama. Ia perempuan pertama di Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) yang mengikuti pendidikan Sekolah Staf dan Komando (Sesko) di luar negeri, yakni di Royal Australian Naval Staff Course di Sydney, Australia.

Ia juga anggota Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) pertama yang ditugaskan menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI. Perempuan pertama yang menjabat Direktur Sekolah Kesehatan di Angkatan Laut. Anggota Kowal pertama yang mengikuti pendidikan strata dua di Tulane Universitas New Orleans, Amerika Serikat. Anggota Kowal pertama yang menjadi staf ahli Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Bidang Ideologi dan Konstitusi. Dan, Jenderal bintang dua perempuan pertama di Angkatan Laut serta se-Asean.

Sebelum masuk di dunia militer, jenjang pendidikan yang dijalaninya yakni SD SDN Sampean Mengkendek Tanah Toraja (1968), SMP Katolik Minanga tahun 1971, dan SMA Katolik yang sama di Tana Toraja tahun 1974. Setamat SMA, meneruskan pendidikan di Akademi Perawat Umum ( 3) dan lulus tahun 1978. Melanjutkan pendidikan di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia dan meraih gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) tahun 1987.(*)

468×60 Banner semen
Logo Header Menu
web
analytics