counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Sulawesi Art Bone Wakil Sulsel di Festival Tari Anak Nasional

New Banner Semen

CELEBESONLINE (Makassar): Setelah melalui seleksi tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, Sanggar Seni dan Tari Sulawesi Art dari Kecamatan Tonra Kabupaten Bone terpilih mewakili Sulawesi Selatan dalam Festival Nasional Tari Anak 2016 di Jakarta, 6 Agustus 2016. Festival yang digagas Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ini untuk menanamkan cinta kebudayaan nasional.

Sulawesi Art Bone mengutus tujuh anak sebagai pemenang dalam festival tari anak se-Sulawesi Selatan yang pernah diadakan di Makassar. Mereka adalah Andi Faradifa (SDN 246 Bulu-Bulu, Tonra, Bone), AndiNurshafira, Eka Nofrianti, dan Nurul Mutia Rezky dari SMPN 1 Tonra Bone, Fitrah Kusumayanti dari Sidrap, dan Andi Muhammad Alif dari Makassar. Mereka juga disertai penata musik Andi Massialang.

Andi Musaidah, pendiri Sanggar Seni dan Tari Sulawesi Art yang sekaligus penata tari dan busana, mengatakan anak-anak tersebut akan membawakan Tari Maccule (Tari Bermain). Tari ini menggambarkan kegembiraan anak-anak dalam menikmati permainan di daerah Bugis Bone seperti Maddanda (lompat kotak-kotak), Mammini (lompat tali), Maddiwa (bermain boneka dari sarung), dan lain-lain. Permainan tersebut biasanya mereka lakukan sebelum atau setelah bekerja membantu orang tua di sawah atau di laut.

Meskipun mereka berasal dari daerah dengan jarak sekitar 250 kilometer dari Makassar, tapi anak-anak tersebut menunjukkan semangat yang kuat untuk mengukir prestasi. Andi Musaidah salah seorang pekerja seni kreatif melihat bakat anak-anak daerah tersebut lalu mendirikan Sulawesi Art yang kemudian melahirkan karya-karya tari berkualitas, yang tidak hanya tampil di level regional tapi juga di kancah nasional.(*)

Laporan:
Syahrul Basri
Melaporkan dari Tonra, Kabupaten Bone

Related posts

CELEBESONLINE