counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Mahasiswa Unibos Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas

New Banner Semen

CELEBESONLINE, Makassar – Dalam upaya peningkatan kualitas dan kesadaran pengguna jalan khususnya yang menggunakan kendaraan bermotor, BEM dan HMJ FISIP Universitas Bosowa berinisiatif mengadakan Sosialisasi Keselamatan Berkendara di lantai 9 kampus Unibos, Kamis (11/8/2016).

Kegiatan ini menghadirkan pihak kepolisian dan Jasa Raharja sebagai nara sumber. Dari kepolisian diwakili Kasubdit Dikyasa Dit Lantas Polda Sulsel, Kompol Z Saalino, dan Kepala Opersional Jasa Raharja Makassar, Mulyadi. Puluhan mahasiswa menghadiri kegiatan dengan tema “Melalui Polisi dan Jasa raharja Goes to Campus Kita Wujudkan Indonesia Tertib, Bersatu Keselamatan Nomor 1” ini.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan simulasi keselamatan berkendara (savety riding) yang ditujukan agar seluruh peserta memahami bagaimana cara mengendarai kendaraan dengan benar dan aman. Sosialisasi ini dilaksanakan dengan bekerja sama

“Yang perlu ditekankan adalah bersatu dalam keselamatan dan keselamatan harus menjadi nomor satu. Saat ini jumlah tingkat kecelakaan di Indonesia semakin tahun ke tahun terus meningkat,” kata Saalino.

“Khusus untuk tahun 2016 hingga bulan Mei kemarin, jumlah kasus kecelakaan Indonesia mencapai angka 51.951 kasus. Sehingga dengan sosialisasi ini semoga dapat menekan jumlah musibah di jalan, cedera di jalan ataupun mati sia-sia di jalan,” tambahnya.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada dua tempat ini yaitu di lantai 9 Kampus 1 Unibos untuk sosialisasi dan juga di Pelataran Kampus 2 Unibos khusus untuk simulasi savety riding. Dua bentuk kegiatan ini dilangsungkan selama tiga jam juga dihadiri oleh puluhan mahasiswa Unibos yang turut antusias mengajukan beberapa pertanyaan kepada narasumber terkait dengan kasus-kasus yang sering didapatkan saat mengendarai kendaraan bermotor.

Wakil Rektor 3 Unibos, Dr Abdul Haris, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat pas karena diberikan kepada para mahasiswa. Dimana, mahasiswa paling dominan di jalanan karena populasinya terbilang tinggi.

“Sosialisasi ini sangat penting. Mahasiswa harus menjadi corong keselamatan berlalu lintas,” kata Haris dalam sambutannya.

“Kalau mahasiswa tertib lalu lintas maka berkontribusi juga terhadap keselamatan. Tapi, lalau ugal-ugalan di jalan, maka ikut berkontribusi menciptakan kecelakaan di jalan,” ucapnya.

Dengan kegiatan ini, Haris berharap mahasiswa Unibos Makassar bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di jalanan. Mahasiswa Unibos diminta menjadikan tertib lalu lintas sebagai budaya dan kebutuhan.(*)

Related posts

CELEBESONLINE