counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Pelindo IV Akan Buka 4 Koridor Ekspor Langsung, Salah Satunya di Makassar

New Banner Semen

CELEBESONLINE, Makassar – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV berencana membuka empat koridor untuk ekspor langsung ke luar negeri dan diharapkan rampung hingga Desember nanti. Koridor 1 dan 2 di Sulawesi yaitu di Makassar dan Bitung. Sedangkan koridor 3 di Balikpapan dan Kalimantan Utara serta koridor 4 di Papua.

Direktur Utama PT Pelindo IV (Persero), Doso Agung, mengatakan bahwa saat ini untuk koridor 1 sudah dibuka, yaitu direct call atau sistem pengapalan langsung ke luar negeri dari Pelabuhan Makassar yang sudah berlangsung sejak 5 Desember 2015.

“Di Makassar, selain direct call, kami juga menghimpun kargo dari Papua, Kalimantan, Kendari, dan Palu. Jika empat koridor ekspor langsung sudah terbuka semuanya, nantinya kargo tidak hanya melalui Makassar, tetapi juga bisa melalui pelabuhan lainnya,” jelas Doso Agung.

Menurutnya, selama ini sebenarnya banyak investor yang melirik Merauke sebagai salah satu wilayah di Indonesia Timur yang punya banyak potensi. Namun, keterbatasan infrastruktur dan konektivitas, membuat para investor mengurungkan niat baik mereka untuk berinvestasi.

Hal itu, lanjut Doso Agung, membuat pihaknya terpikir untuk membuka empat koridor ekspor langsung dari KTI. “Rencannya, akhir Agustus ini Pelindo IV akan membuka direct call dari Pelabuhan Bitung, sebagai koridor 2,” katanya.

Selain Pelabuhan Bitung, tambahnya, di Bitung pihaknya juga punya cabang Terminal Petikemas Bitung (TPB) dengan jumlah kargo yang menumpuk lumayan banyak.

Kemudian, pada September nanti, akan dibuka direct call dari Balikpapan sebagai koridor 3. “Di Balikpapan, kami punya dua pelabuhan, yaitu di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Selain ada cabang (Pelindo IV), kami juga punya anak usaha yaitu PT Kaltim Kariangau Terminal (KKT), yang nantinya bisa membantu mewujudkan rencana tersebut,” ujarnya.

Selanjutnya, pada Desember nanti, Pelindo IV juga akan membuka jalur direct call dari Papua, sebagai koridor 4. “Nantinya, jalur direct call dari Papua juga akan konektivitas dengan Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara,” tutupnya.(*)

Related posts

CELEBESONLINE