counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Penjual Bendera Berkumpul di Jawa, Menyebar di Makassar

New Banner Semen

CELEBESONLINE (Makassar): Menjelang perayaan 17 Agustus, pedagang bendera dari luar kota banyak dijumpai di bahu jalan Kota Makassar. Udel, salah satu pedangang bendera asal Bandung, Jawa Barat, termasuk salah satunya.

Udel sudah lama berdagang bendera. Sekira empat tahun lalu melariskan dagangannya di Kota Makassar. “Baru 4 tahun saya jualan di Makassar. Harga bendera yang saya jual mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 250 ribu. Itu tergantung ukuran dan bentuknya,” ujar pria berusia 34 tahun itu ketika ditemui CELEBESONLINE.

Usaha yang dijalani sejak 20 tahun lalu ini memberi keuntungan yang banyak. Pendapatannya sekitar Rp 1,5 juta sampai Rp2 juta per hari. Meskipun terkadang tidak ada pembeli dalam satu hari.

Begitu pula dengan Suhendar, 30 tahun. Ia pedagang bendera asal Solo, Jawa Tengah. Suhendar berdagang hanya jika menjelang bulan Agustus. Lokasi penjualannya di Jl Hertasning Baru. Suhendar menyebut, pedagang-pedagang bendera di Kota Makassar umumnya dari Pulau Jawa. Mereka tergabung dalam satu kelompok usaha. Mereka terbagi atas beberapa kelompok kecil. Kemudian disebar ke beberapa kota di Indonesia, termasuk di Makassar.(*)

Laporan: Jusni
Mahasiswa UIN Alauddin.

Related posts

CELEBESONLINE