counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Tukang Foto Panen di Asrama Haji Sudiang

New Banner Semen

CELEBESONLINE, Makassar – Musim haji tahun ini ternyata membawa berkah tersendiri bagi jasa tukang foto musiman di Asrama Haji Embarkasi Makassar. Bagaimana tidak, setiap musim ibadah haji berlangsung Asrama Haji Sudiang ramai dipadati Jamaah Calon Haji (JCH) dan juga keluarganya.

Moment itu dimanfaatkan sejumlah tukang jasa foto dengan memotret para JCH lalu hasil fotonya ditawarkan seharga 20 Rp 20 ribu untuuk ukuran 5R. Salah satunya ditekuni Muhammad Aras.

Aras mengaku menekuni pekerjaannya sebagai tukang foto di Asrama Haji Sudiang selama lima tahun. Ia mengatakan bahwa penghasilan dari menawarkan foto langsung jadi ke JCH lumayan.

“Lumayanlah, bisa dapat Rp 150 ribu hingga Rp 200.000 per hari. Selama musim haji, bisa dapat sampai Rp 4 juta,” kata Aras. Warga Jalan Batua Raya, Makassar, itu biasanya mangkal di dekat Masjid Quba yang ada di dalam asrama haji ini.

Tempat ini menjadi favorit para JCH untuk mengabadikan momen tersebut sebelum berangkat ke Tanah Suci. Puluhan JCH ramai antri untuk berfoto.

Menekuni usaha jasa jual foto musiman ini bagi muhammad aras hanya usaha sambilan, ditengah waktu luang tidak ada order jasa foto. Suka dukanya, ia mengaku terkadang merugi karena setiap hasil foto yang ditawarkannya tidak selamanya langsung diambil jamaah.

“Karena hasilnya sudah jadi. Kita tawarkan dan tidak ada paksaan, tergantung jamaahnya mau ambil atau tidak. Terkadang juga ada jamaah yang tidak mau mengambilnya,” ucapnya.(*)

Related posts

CELEBESONLINE