banner pasang iklan
banner pasang iklan

Tiga Kunci Kemenangan Persija Taklukkan PSM Makassar

CELEBESONLINE (Makassar): Persija Jakarta berhasil memutus rentetan enam kali kemenangan beruntun PSM Makassar saat bertandang di Stadion Mattoanging, Makassar, Sabtu (10/12/2016) malam. Persija menang 1-0 melalui gol Emmanuel “Pacho” Kenmogne pada menit 82 melalui sundulan yang dilakukan tepat saat kemelut di depan gawang PSM Makassar.

PSM Makassar sebenarnya memiliki banyak peluang menciptakan gol. Penyelesaian yang terburu-buru merupakan salah satu penyebab PSM Makassar tidak bisa memenangkan pertandingan itu.

“PSM Makassar bermain bagus. Jadi kemenangan Persija Jakarta kali ini termasuk menggembirakan karena kami melawan tim kuat yang ditakuti lawan,” kata Muhammad Zen Al Hadad.

Menurut Muhammad, Persija Jakarta menerapkan tiga strategi khusus yang membuat PSM Makassar tidak bisa menang di kandangnya. Pertama, Muhammad memerintahkan agar pemainnya disiplin di posisinya baik saat bertahan maupun ketika menyerang. Kedua, pemainnya sudah diperintahkan untuk memutus alur bola dari barisan tengah ke barisan depan. Willem Jan Pluim dan Rasyid harus dikawal lebih dari satu orang. “Karena dua orang ini berbahaya kalau cuma dikawal satu orang. Mereka bisa bergerak leluasa,” kata Muhammad.

Kunci ketiga yakni memaksa pemain PSM Makassar mengikuti alur permainan Persija Jakarta. Cara yang diterapkan yakni mengubah pola permainan ketika bertahan dan menyerang. Pola ini memang menguras energi tetapi ternyata efektif meredam gempuran PSM Makassar.

Kapten PSM Makassar Ardan Aras mengatakan, PSM makassar punya peluang besar menang. Konsentrasi pemain yang buyar terutama di menit-menit akhir menjadi penyebab kekalahan PSM Makassar. Pelatih PSM Makassar menegaskan, ia tidak terlalu sedih dengan kekalahan itu karena pemain sudah berjuang dengan keras.

“Jika Anda lihat pertandingan-pertandingan sebelumnya, kami bermain sangat bagus. Jadwal yang padat yang harus dilaui di akhir-akhir turnamen ini menjadi salah satu faktor pemain tidak bermain sebagaimana mestinya. Tapi saya memuji mereka. Saya juga berterima kasih kepada penonton. Tadi Anda lihat, mereka (penonton) bergembira karena tahu bahwa kami telah berjuang keras. Semoga di tahun depan, kami lebih baik lagi,” kata Robert.(*)

About The Author

Related posts

CELEBESONLINE