counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Tim SAR Berhasil Evakuasi Pendaki Hipotermia di Gunung Bawakaraeng

New Banner Semen

CELEBESonline.com, Gowa – Tim SAR Gabungan akhirnya berhasil mengevakuasi Ina Angriana, seorang pendaki gunung yang terserang hipotermia saat melakukan pendakian di Gunung Bawakaraeng.

Setelah melalui perjuangan keras di tengah buruknya cuaca, tim SAR gabungan berhasil tiba di kaki gunung, pada Minggu (2/4/2017) malam.

“Tim tiba sekitar jam setengah tujuh malam, kak, lewat jalur Bulu Ba’lea,” terang Ifa, anggota Makassar Rescue yang terlibat dalam operasi tersebut.

Setelah mendapatkan perawatan di kampung yang terletak di kaki Gunung Bawakaraeng tersebut, korban dan ke lima rekannya, Minggu malam memutuskan kembali ke Kota Makassar. “Tim juga sudah balik ke Makassar sekitar jam setengah sembilan malam tadi,” jelas Ifa.

Sebelumnya, tim SAR gabungan menggelar operasi evakuasi di Gunung Bawakaraeng pada Sabtu (1/4/2017) malam lalu.

Sabtu siang, awalnya Basarnas menerima informasi dari seorang pendaki yang mengabarkan tentang rekannya yang menderita hipotermia (turunnya suhu tubuh secara drastis) di antara Pos VII dan Pos VIII Gunung Bawakaraeng.

Para pendaki ini melakukan pendakian menuju puncak Gunung Bawakaraeng pada hari Kamis (30/3/2017) sore lalu. Kamis malam, rombongan yang terdiri dari ; Burgon, Ina Angriana, Diken, Toton, Rizal dan Asmun, ini pun tiba di Pos V dan memutuskan menginap di lokasi tersebut. Pada Jumat (31/3/2017), mereka kembali melanjutkan perjalanan menuju puncak Gunung Bawakaraeng.

Dalam perjalanan menuju puncak, salah seorang anggota tim yakni Ina Angriana yang merupakan satu-satunya pendaki perempuan dalam rombongan itu, terserang hipotermia.

Mereka pun memutuskan mendirikan tenda dan menginap di jalur antara Pos VII dan Pos VIII. Kondisi kesehatan Ina Angriana yang tak kunjung membaik membuat rekan-rekannya memutuskan meminta bantuan ke Basarnas pada keesokan harinya, Sabtu, (1/4/2017) siang.

Berdasarkan catatan CELEBESonline, sebelumnya pada Senin (27/3/2017) lalu, Tim SAR gabungan juga mengevakuasi tujuh pendaki gunung yang beberapa di antaranya terserang hipotermia di Pos VIII Gunung Bawakaraeng.

Logo Header Menu
web
analytics