counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Polisi Siapkan Senapan Khusus Tembak Drone tak Berizin

New Banner Semen

CELEBESonline.com – Kepolisian China kini melengkapi personilnya dengan senapan khusus untuk mengantisipasi gangguan yang ditimbulkan oleh kian maraknya pengunaan drone (pesawat tanpa awak).

Sebanyak 20 unit senapan seharga 250.000 Yuan atau sekitar Rp 482,9 juta per buah ini, disiapkan untuk menangkal drone tak berizin.

Maraknya pengunaan drone di China memang beberapa kali telah memicu terjadinya insiden.

Contohnya, bandara di China yang sempat menjadi korban kejahilan seorang pilot drone. Sebuah Drone diterbangkan di dekat sebuah pesawat sipil pada awal tahun 2017 lalu, seperti dilansir dari Mashable.

Di china, setiap operator drone yang beratnya di atas 7 kg, harus memiliki lisensi seperti yang ditetapkan oleh otoritas penerbangan sipil China tahun 2015.

Atas dasar seringnya terjadi insiden, kepolisian China mulai membekali personelnya dengan 20 senapan canggih tersebut.

Senapan tersebut bukanlah senapan berpeluru, melainkan senapan pengganggu gelombang drone dengan jarak maksimal 1 kilo meter. Sinyal yang dipancarkan oleh senapan akan mengganggu gelombang radio antara remote operator dengan drone yang ditembak.

Senapan tidak akan merusak, tetapi memaksa drone untuk melakukan pendaratan darurat otomatis. Sejak pengunaannya, setidaknya telah enam drone yang menjadi korban senapan canggih tersebut.

Senapan tersebut juga akan digunakan untuk meningkatkan keamanan pada ajang Wuhan Marathon 2017, 9 April mendatang.

Related posts

CELEBESONLINE