banner pasang iklan
banner pasang iklan

BREAKING : Ahok Divonis 2 Tahun Penjara

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat sidang dengan agenda vonis, Selasa (9/5/2017). - (tribunnews)

CELEBESonline.com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok divonis dua tahun penjara oleh majelis hakim dalam sidang di auditorium Kementan, jalan RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (9/5/2017). “Terdakwa secara sah dan meyakinkan melanggar pidana,” ujar majelis hakim saat  membacakan pertimbangan hukum dalam sidang vonis Ahok.

Seperti disadur CELEBESonline.com dari sejumlah sumber, sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah menyampaikan tuntutan hukuman 1 tahun penjara dengan masa percobaan selama 2 tahun.

Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara bergantian membacakan vonis kasus dugaan penodaan agama tersebut. Ahok sapaan Basuki yang duduk tepat dihadapan lima majelis hakim, fokus mendengarkan ucapan hakim. Mengenakan kemeja batik berwarna biru putih, Ahok sesekali melihat ke arah hakim. Dirinya juga menunduk sambil mengosokan kedua tangannya.

Ketua Majelis Hakim PN Jakut Dwiarso Budi Santiarto yang membacakan putusan di hadapan jaksa, kuasa hukum dan terdakwa, dalam amar putusannya, mereka menimbang bahwa Ahok telah terbukti bersalah.

“Menimbang terdakwa terbukti bersalah dan dijatuhi pidana, maka terdakwa harus dibebani biaya,” kata dia di persidangan. Dia menambahkan, “Menyatakan terdakwa terbukti secara sah meyakinkan bersalah menoda agama, menjatuhkan pidana dengan pidana penjara dua tahun, terdakwa ditahan, mengajukan barang bukti dan membebankan biaya perkara 5 ribu kepada terdakwa.”

Dalam pertimbangannya majelis hakim membahas reka kejadian dan perjalanan Ahok dalam kasusnya dipersidangan hingga dirinya memberikan sambutan di Kepulauan Seribu. Gubernur DKI Jakarta tersandung kasus dugaan penodaan agama setelah mengutip Surat Al Maidah ayat 51 di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, pada 27 September 2016.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBESONLINE