counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Ternyata, Ini Alasannya Seragam Sepakbola Disebut Jersey

Jersey PSM Makassar - (Dok. PSM)
New Banner Semen

CELEBESonline.com – Jika anda penggemar berat sepakbola, maka sebutan “jersey” pasti tidak asing lagi terdengar. Yah, tren sepakbola di kalangan masyarakat luas membuat semua atribut para pemain idola dijadikan koleksi, tak terkecuali seragam yang dikenakan.

Seragam sepakbola atau jersey merupakan komoditi paling menguntungkan bagi pihak klub maupun apparel olahraga sebagai sponsor.

Namun, tahukah anda asal usul penamaan jersey untuk seragam atau kaos sepakbola?

Rupanya, kaos sepakbola umumnya dibuat dengan bahan dasar kain bernama Jersey, atau jenis tekstil rajutan yang terbuat dari katun dan campuran sintetis. Jenis katun ini berbeda dengan jenis katun lainnya, katun untuk Jersey merupakan katun halus tapi lebih tebal dari spandex, serta bahannya tidak mudah berbulu.

Kain jersey tersebut berasal dari pulau Jersey, bagian dari kepulauan Channel, antara Inggris dan Prancis. Sejatinya, daerah Jersey terkenal sebagai penghasil sapi jersey yang memiliki kadar lemak susu tertinggi di antara sapi perah lainnya.

Jersey, Pulau Channel, Inggris.

Pemilihan bahan dasar itu langsung menjadi primadona, karena fleksibel, lentur dan mudah menyerap keringat sehingga nyaman digunakan untuk berolahraga.

Berkat penemuan kain jersey sebagai bahan dasar kaos sepakbola, pulau tersebut pun semakin dikenal banyak orang.(*)

Logo Header Menu
web
analytics