counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Ingin Tetap Bugar Saat Berpuasa?Ini Tipsnya

jaga tubuh tetap bugar saat berpuasa di bulan Ramadan. - (int)
New Banner Semen

CELEBESonline.com – Pemirsa, dibulan Ramadhan seringkali kita mendapati suasana yang identik dengan pemandangan orang-orang yang lemas dan tidak bersemangat. Apakah anda termasuk salah satu dari mereka yang lemas saat berpuasa ?

 

Berikut tips agar tetap bugar saat melakukan ibadah puasa

 

  1. Pilih makanan yang tepat saat sahur dan berbuka

Agar tubuh tetap fit saat berpuasa, konsumsilah makanan yang kaya akan protein dan mengandung lemak baik. Selain itu, hindari konsumsi makan dengan kandungan garam yang tinggi. Karena konsumsi garam yang berlebihan akan membuat kamu menjadi cepat lapar dan dehidrasi.

 

  1. Olahraga

Saat puasa, bukan berarti kamu libur berolahraga. Memang banyak orang yang menganggap bahwa berolahraga saat puasa akan membuat tubuh mengalami dehidrasi dan menjadi lemas. Namun nyatanya, olahraga justru akan membuat tubuh kamu tetap fit dan bugar saat sedang berpuasa, asalkan olahraga yang kamu lakukan tidak terlalu berat. Lakukanlah olahraga ringan seperti senam, jogging ringan, dan bersepeda menjelang waktu berbuka puasa.

 

  1. Minum banyak air putih

Untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh, minumlah air yang cukup pada saat sahur dan berbuka puasa. Idealnya, manusia harus minum paling sedikit 2 liter atau 8 gelas air putih dalam sehari. Selain itu, sebaiknya hindari minuman yang tidak baik bagi kesehatan lambung seperti kopi dan minuman bersoda.

 

  1. Tidur cukup

Selain asupan makanan, waktu tidur tentunya juga mempengaruhi kebugaran tubuh kamu. Jika mengantuk saat beraktivitas, bukan berarti itu pengaruh dari puasa, tapi waktu tidur kamu yang tidak teratur.

 

  1. Konsumsi makanan ringan saat berbuka

Lapar setelah seharian berpuasa, bukan menjadi alasan kamu untuk langsung melahap makanan berat seperti nasi saat berbuka puasa. Karena hal tersebut justru akan menganggu sistem pencernaan kamu. Sebaiknya mulailah dengan makanan ringan seperti kolak, sup, atau makanan pembuka lainnya.

 

  1. Hindari tempat yang panas

Berada di tempat yang panas dalam waktu yang cukup lama akan membuat tubuh kamu lebih mudah mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, sebaiknya kamu berdiam di tempat atau ruangan yang teduh dan sejuk.

 

  1. Konsumsi Suplemen Alami

Untuk menjaga kebugaran tubuh saat puasa, kamu dapat mengkonsumsi suplemen kesehatan. Namun sebaiknya konsumsi suplemen alami seperti madu.

 

 

Nah, itulah tips untuk anda agar tetap bugas saat berpuasa, silahkan mencoba…..

web
analytics