counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Ini Tips Berpuasa Ibu Hamil

ibu hamil berpuasa di bulan ramadan. - (int)
New Banner Semen

CELEBESonline.com – Pembaca, bila bulan ramadhan tiba patutlah anda harus menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat selama menjalani ibadah puasa. Terlebih lagi dengan ibu hamil yang tetap ingin berpuasa ?

 

Pada ibu hamil saat berpuasa mengemban 2 tanggung jawab sekaligus, yaitu menjaga kesehatan tubuhnya juga janin yang ada dalam kandungannya. Agar kesehatan ibu dan calon buah hati tetap terjaga selama berpuasa.

 

berikut ini kami bagikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan ibu hamil selama berpuasa.

 

  1. Pilih Menu Makanan Yang Sehat

Selama berpuasa, pilihlah menu makanan yang sehat serta mengandung nutrisi yang cukup untuk kesehatan Anda dan janin Anda, terutama dikonsumsi saat makan sahur. Komposisi nutrisi yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah karbohidrat kompleks, protein baik secara nabati dan hewani, serta lemak.

 

  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Secara umum sebaiknya kita jangan sampai mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan setiap harinya. Hal itu juga harus diperhatikan pada para ibu hamil yang menjalankan puasa. Mencegah dehidrasi dapat dilakukan dengan memperbanyak minum air putih. Namun selama minum air putih tersebut juga sebaiknya diperhatikan jangka atau jarak waktunya.

 

  1. Hindari Konsumsi Minum-minuman Terlalu Manis Saat Berbuka

Minuman yang terlalu manis beresiko dapat meningkatkan kadar gula darah yang ada di dalam tubuh kita. Hal inilah yang dapat berbahaya jika dibiasakan secara terus-menerus terjadi pada pola hidup kita. Bagi para ibu hamil, Anda juga harus memperhatikan hal tersebut. Untuk mengganti konsumsi minuman yang manis tersebut, lebih baik Anda konsumsi buah kurma yang sekaligus juga berkhasiat untuk kesehatan Anda, serta mengamalkan seperti yang disunnahkan oleh Rasul kita.

 

  1. Istirahat Yang Cukup

Bagi ibu hamil yang sebenarnya sedang membutuhkan asupan nutrisi yang banyak dari makanan yang mereka konsumsi. Dengan berpuasa, ibu hamil harus dapat mengatur waktu istirahatnya. Mungkin akan ada beberapa kegiatan yang mereka kurangi jika dibandingkan dengan saat mereka sedang tidak berpuasa.

 

  1. Minum Susu Ibu Hamil

Selain dari makanan, ibu hamil tentunya juga membutuhkan nutrisi lain dari susu sebagai pelengkap. Terlebih jika Anda yang sebelum berpuasa sudah terbiasa mengkonsumsi susu khusus untuk ibu hamil ini, tidak ada salahnya untuk diteruskan.

 

  1. Olahraga Teratur

Jangan kaget dulu, Olahraga yang kami maksud ini adalah olahraga ringan yang cocok untuk dilakukan oleh para ibu hamil. Seperti senam yoga misalnya. Anda bisa melakukannya diwaktu sore menjelang berbuka puasa, sehingga saat energi Anda terkuras, Anda dapat langsung menggantinya saat berbuka.

 

  1. Jaga Emosi Jiwa

Sudah menjadi hal yang wajib dan keharusan bahwa ibu hamil tidak boleh stress. Usahakan ibu hamil untuk selalu merasa bahagia, termasuk selama mereka menjalankan puasa.

 

  1. Konsumsi Vitamin

Tidak semua ibu hamil dalam kondisi yang prima secara kesehatannya. Untuk beberapa kondisi ibu hamil yang memang membutuhkan nutrisi tambahan khusus demi kesehatannya, sebaiknya tambahkan dengan mengkonsumsi vitamin.

 

Penting untuk diingat bahwa ibu hamil perlu perhatian khusus untuk selalu menjaga kesehatannya. Selamat mencoba….

 

 

 

 

 

 

Related posts

CELEBESONLINE