counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

MI/MTs Bontobiraeng dan HMJ PGMI UIN Alauddin Gelar Buka Puasa Bersama

-
New Banner Semen

CELEBESonline.com, Sungguminasa
Kegiatan buka puasa bersama telah lumrah dilaksanakan oleh setiap lembaga, instansi, dan sejenisnya di bulan Ramadhan. Hal ini juga sudah menjadi program tahunan OSIS di MI dan MTs Bontocinde yang bekerja sama dengan HMJ PGMI UIN Alauddin Makassar.

Mereka menggelar buka puasa bersama dengan maksud untuk saling berbagi dengan sesama, kususnya bagi anak/siswa yatim piatu, dhuafa, dan kurang mampu di bulan yang penuh berkah ini.
Kegiatan tersebut digelar di MI/MTs Bontocinde di Desa Panakkukang, Kecamatab Pallangga, Kabupaten Gowa, akhir pekan kemarin.

Buka puasa itu dirangkaikan dengan beberapa kegiatan yaitu lomba siswa untuk tingkat MI dan MTs Bontocinde yang dikoordinir oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan PGMI. Juga dirangkaikan dengan pembagian paket seragam sekolah dan alat tulis menulis untuk siswa kurang mampu, serta penerimaan rapor siswa.

Konsep kegiatan ini dimulai dengan pelaksanaan lomba (Adzan, Hafal Juz Amma, Tadarrus). Setelah salat Ashar dilanjut dengan kegiatan formal di halaman Madrasah dengan penyampaian Laporan Panitia Pelaksana dan Sambutan-sambutan dari Ketua HMJ PGMI, Kepala MI dan MTs, Ketua Jurusan.

Kemudian dilanjut dengan penerimaan hadiah juara lomba dan pemberian paket seragam sekolah dan alat tulis menulis untuk siswa kurang mampu. Setelah itu, diisi tausiyah pengantar buka puasa oleh Ustad Dr Muhammad Yahdi.

Di tengah-tengah kegiatan tamu dihibur penampilan Qasidah rebana oleh pengurus OSIS MTs Bontocinde.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh siswa-siswi MI dan MTs Bontocinde, Dewan Guru, Mahasiswa PGMI UIN Alauddin, Ketua Jurusan PGMI (Dr Muh Shabir U MAg), Sekretaris Jurusan PGMI (Dr Muh Yahdi, MAg), Kepala Desa Panakkukang, dan turut hadir pula para orang tua siswa. Semuanya tumpah ruah di halaman Madrasah menyemarakkan kegiatan ini.

Sebuah kesyukuran meskipun di luar dari perkiraan panitia, Alhamdulillah halaman Madrasah dibanjiri oleh ratusan siswa ditambah kurang lebih 50 orang mahasiswa dan tak terhitung jumlahnya dari pihak orang tua siswa.

Kepala MTs Bontocinde dalam sambutannya berharap kegiatan seperti ini bisa dilestarikan karena dinilai memiliki manfaat yang luar biasa untuk sesama.

Tak lupa juga ia ucapkan terima kasih kepada pihak UIN Alauddin khususnya Jurusan PGMI atas kerjasamanya dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Laporan: Haerul Akbar
– Pengurus HMJ PGMI UIN Alauddin-

web
analytics