counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Pesepeda Dibuatkan Jalan Layang Khusus di China

Jalan layang khusus pesepeda di China. - (int)
New Banner Semen

CELEBESonline.com, Penyetaraan hak pengguna jalan sepertinya sudah dapat dirasakan di kota Xiamen, China. Bagaimana tidak, selain kendaraan roda empat dan roda dua serta pejalan kaki yang memiliki jalan khusus, kini pesepeda juga di buatkan jalur khusus.

 

Tidak seperti pada umumnya yang hanya mendapat tempat di bagian pinggir jalan raya, namun jalur pesepeda di China ini memakai jalan layang atau fly over.

 

Selain unik, jalan layang sepeda yang baru saja di selesaikan ini dan mulai dipergunakan juga mendapar predikat jalan sepeda terpanjang di dunia.

 

Jalan layang ini memiliki 4 lajur dengan lebar 4,8 meter dan panjang 7,6 kilometer, dilengkapi 11 pintu yang menghubungkan ke enam hubtransportasi umum.

 

Selain itu, salah satu fasilitas yang dimiliki jalan layang ini juga yakni penyewaan sepeda sebanyak 355 buah dan memiliki 253 ruang parkir untuk sepeda pribadi di tujuh platform.

 

Jalur ini juga memiliki pagar setinggi 1,3 meter dan 30.000 lampu untuk menerangi jalan pada malam hari serta teknologi pemantauan multi-sensor dan gerbang yang akan menutup otomatis jika jalan sepeda terlalu ramai.

 

Kota di negara lainnya juga telah mempertimbangkan untuk membangun rute sepeda layang serupa.

Pada tahun 2011, perusahaan Arsitektur Eksterior asal Inggris menggagas sistem “SkyCycle” sepanjang 220 kilometer yang terletak di atas jalur kereta api.

 

Ide ini mendapat dukungan dari Jaringan Rel dan Transportasi di London, tetapi belum juga dibangun karena harganya sangat mahal, yaitu 10 miliar dollar AS atau Rp 133,5 triliun.

 

web
analytics