counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Upacara Ngaben Akan Jadi Ikon Wisata Religi di Lutim

Prosesi Ngaben di Lutim - Son
New Banner Semen

CELEBESonline.com, Malili – Upacara Ngaben atau pembakaran mayat yang dilakukan umat Hindu di Kecamatan Tomuni Timur, Kabupaten Luwu Timur, akan menjadi icon wisata religi di wilayah ini. Banyak hal unik dan menarik dari prosesi Ngaben ini yang bisa menarik perhatian wisatawan.

Kamis (10/8/2017) kemarin, ratusan umat Hindu di Kecamatan Tomuni Timur menggelar upacara Ngaben akbar. Ada 19 mayat yang sudah lama dikubur diangkat kembali untuk dibakar.

Beragam jenis sesajen dihadirkan termasuk aneka macam patung binatang untuk dijadikan wadah menyimpanan tulang belulang jenazah untuk dibakar. Patung-patung hewan ini dihias cantik.

Warna setiap patung binatang melambangkan kasta di Umat Hindu. Selanjutnya patung yang sudah diisi tulang belulang jenazah itu dibakar sampai menjadi abu.

Menurut Pinandite Umat Hindu, Ida Bagus Inten, upacara Ngaben ini wajib dilaksanakan umat Hindu  agar ruh halus sejatinya bisa kembali secara utuh ke sang pencipta lewat pembakaran. “Umat hindu meyakini selama belum dibakar, ruh halus tersebut masih menyatu dengan ruh duniawi,” kata Ida Bagus Inten.

Setiap keluarga yang melaksanakan upacara ngaben ini paling sedikit mengeluarkan anggaran sekitar Rp 20 juta.

Kepala Dinas Pariwisata Luwu Timur, Hamris Darwis, mengatakan, upacara Ngaben ini akan dijadikan ikon pariwisata religi. “Selama ini upacara ini belum bisa dikemas dengan baik lantaran waktu melaksanakan upacara Ngaben tidak bisa dipermanenkan karena menunggu kesiapan keuangan pihak keluarga yang akan melaksanakan Ngaben,” kata Hamris.

Upacara Ngaben ini dihadiri Bupati Luwu Timur, Thorig Husler, dan wakilnya Irwan Bachri Syam. Keduanya didaulat untuk mengunakan api suci membakar mayat yang sudah ada dalam patung-patung hewan.

Tulang yang masih membentuk arang diambil setelah api padam. Selanjutnya arang tersebut dilumatkan menjadi abu dan disimpan ke dala sebuah kendi yang bungkus kain putih. Rencananya, abu tersebut akan dilepas di laut atau sungai.(*)

Related posts

CELEBESONLINE