counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

LP POM MUI Sulsel Minta Semua RPH Disertifikasi Halal

Direktur LP POM MUI Sulsel, Tajuddin Abdullah - Zizi
New Banner Semen

CELEBEonline.com, Makassar – Berbagai upaya dilakukan pihak Lembaga Pengkajian Pangan Obat dan Makanan (LP POM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel dalam mendorong Rumah Potong Hewan di Sulsel agar bersertifikat halal. Diantaranya melakukan sosialisasi di kabupaten/kota dan meminta RPH untuk segera disertifikat halal.

Selain itu, LP POM MUI Sulsel juga membentuk tim dalam mempercepat proses pemenuhan syarat penerbitan sertifikat halal bagi RPH di Sulsel.

Seperti diketahui, baru dua RPH di Sulsel yang telah mendapat legalitas sertifikat halal dari LP POM MUI Sulsel, yaitu RPH di Makale yang berada di bawah naungan Pemda Tana Toraja dan RPH Maharani Restu yang merupakan milik perseorangan.

Direktur LP POM MUI Sulsel, Tajuddin Abdullah, meminta RPH di kabupaten/kota untuk segera mendaftar agar bisa disertifikat halal.

“Kami juga telah membentuk tim dalam mempercepat proses pemenuhan syarat penerbitan sertifikat halal bagi RPH di Sulsel dengan turun langsung ke lapangan memeriksa dari proses pemotongan/pengepakan hingga pengangkutan,” kata Tajuddin.

“Hasilnya nanti dilanjutkan dalam rapat auditor untuk disampaikan di Komisi Fatwa MUI Sulsel untuk menetapkan layak keluarnya sertifikat halal atau belum,” tambahnya.

Tajuddin menambahkan, upaya lain dilakukan pihaknya dengan melakukan pelatihan bagi pemotong hewan, baik itu pemotong hewan ayam maupun sapi, agar sesuai syariah Islam. Selain itu, untuk mendapatkan sertifikat halal, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi RPH diantaranya yakni kejelasan asal hewan potong berasal darimana, fasilitas harus bersih, jeroan hewan harus terpisah dengan penempatannya dari dagingnya, dan lainnya.

web
analytics