counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Fantastis, Berlian Mentah Terbesar di Dunia Terjual dengan Harga Segini

Berlian mentah terbesar di dunia yang akhirnya terjual dengan harga Rp 707 miliar - (reuters/ lukas jackson)
New Banner Semen

CELEBESonline.com – Dua tahun lalu, penambang dari perusahaan Lucara Diamond Corp asal Kanada, menemukan berlian di Bostwana. Berlian yang belum dipotong itu akhirnya terjual kepada perusahaan berlian asal Inggris Graff Diamonds. Berlian dengan kadar 1.109 karat itu sebesar bola tenis.

Disadur dari Reuters, harganya per karat dibanderol hampir 48 ribu dolar AS atau sekitar Rp 640 juta, dengan total harganya mencapai 53 juta dolar AS, lebih dari Rp 707 miliar. Berlian itu akan dipotong dan dipoles sesuai dengan permintaan pembelinya.

Sebenarnya pada Juni tahun lalu berlian tersebut telah dilelang di rumah lelang Sotheby’s, kata Direktur Eksekutif Lucara, William Lamb. Dia mengatakan, lelang itu tidak menghasilkan harga yang diharapkan, sehingga tidak terjual. Berlian itu dinamakan “Lesedi La Rona” atau “Cahaya Kami” dalam bahasa Bostwana.

Diperkirakan berlian yang ditemukan di tambang Karowe pada November 2015 itu berusia 2,5 hingga 3 miliar tahun. Berlian mentah terbesar di dunia sebelumnya adalah “Cullinan” dengan kadar 3.106 karat yang akhirnya dipotong menjadi 105 berlian kecil.

Related posts

CELEBESONLINE