counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Perusahaan Ini Raup Untung Miliaran dari Sampah Sandal Jepit

Sejumlah produk Ocean Sole yang terbuat dari sandal jepit buangan masyarakat di pantai - (int)
New Banner Semen

CELEBESonline.com – Sebuah perusahan yang bergerak di bidang sosial di Kenya berhasil meraup keuntungan hingga miliaran rupiah dengan memanfaatkan sampah berupa sandal jepit yang berasal dari pembuangan di laut dan terdampar di pesisir pantai.

di Kenya diperkirakan terdapat 13.000 keping plastik dan sandal jepit yang mengapung di setiap kilometer persegi lautan. Sampah sandal jepit yang menumpuk di pantai menjadi bencana bagi ekosistem laut dan masyarakat lokal.

Terinspirasi dari mainan anak-anak yang dibuat dari sandal jepit bekas, Julie Church, pendiri Ocean Sole, mendorong para ibu untuk mengumpulkan, mencuci, dan memotong sandal jepit yang dibuang untuk menjadi produk yang berwarna. Mereka pun mengubah sandal jepit yang telah menjadi polusi sebagai produk fungsional dan mempromosikan konservasi untuk pantai di Kenya.

Ocean Sole kemudian dibantu dengan komunitas di Kiwayu menjual produk pertama mereka di Nairobi, Kenya. Setelah itu, mereka menerima pesanan sebanyak 15.000 kura-kura dari WWF Switzerland.

Dari hanya bertiga, pada 2013 Ocean Sole telah mempekerjakan 150 orang dan memperbaiki kemiskinan di lingkungan setempat. Mereka telah mengubah sandal jepit menjadi boneka, gelang, gantungan kunci, dan patung. Dan hasilnya, perusahaan ini pun telah mampu meraup untung miliaran rupiah dari usaha yang berasal dari sandal jepit tersebut.

Related posts

CELEBESONLINE