counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Fridtjof Nansen, Sang Penakluk Kutub Utara yang Jadi Google Doodle

-
New Banner Semen

CELEBESonline.com, Makassar – Fridtjof Nansen tampil sebagai Google Doodle hari ini, Selasa (10/10/2017), di halaman utamanya.

Halaman depannya menampilkan potret animasi pria bernama lengkap Fridtjof Wedel-Jarlsberg Nansen itu. Di sekitarnya nampak animasi Fridtjof tampil sedang bermain ski di kutub utara.

Sesuai dengan animasi yang ditampilkan, Fridtjof Nansen adalah seorang penjelajah, ilmuwan, diplomat, humanitarian, dan penerima Nobel Perdamaian Norwegia.

Semasa mudanya, Fridtjof Nansen sudah merancang proyek “gila” dan butuh keberanian yaitu bisa menyeberangi es di Greenland.

Ia memimpin tim yang membuat perlintasan pertama bagian dalam Greenland pada 1888, menjadikan pulau tersebut tempat ski lintas negara.

Fridtjof Nansen merencanakan dengan detil perjalanan ini. Setiap gerakan dihitung hati-hati. Ia tahu pasti keberhasilan ekspedisi ini bergantung pada ketekunannya memperhatikan detil terkecil.

Fridtjof Nansen di usianya yang masih 27 tahun berhasil memimpin timnya tanpa kecelakaan. Mereka sampai ke tempat di mana tak seorang pun pernah meginjaknya. Tim juga mencatat kondisi meteorologi dan fakta ilmiah penting di sana.

Mereka harus tinggal di kutub utara selama musim dingin karena harus menunggu kapal. Saat itu dimanfaatkan untuk menumpulkan materi buku yang kelak diberi judul “Eskimo Life” (1891).

Mei 1889, Fridtjof Nansen dan timnya berhasil kembali ke Norwegia. Ia disambut seperti pahlawan.

Google Doodle hari ini sebagai bentuk perayaan ulang tahun Fridtjof Nansen uang ke-156.

Fridtjof Nansen lahir 10 Oktober 1861 dan menghembuskan nafas terakhir pada 13 Mei 1930 pada umur 68 tahun.(*)

Related posts

CELEBESONLINE