counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Kenaikan Harga Gas Elpiji 12 Kg Berpotensi Picu Kelangkaan Gas Bersubsidi

Pengamat Ekonomi Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Arifuddin Mane - (Azwar)
New Banner Semen

CELEBESonline.com, Makassar – Kenaikan harga gas elpiji 12 Kilogram (Kg) jelang akhir tahun 2017, dianggap berpotensi memicu kelangkaan gas bersubsidi di Makassar. Ekonom menilai, konsumen menengah di Makassar akan kembali beralih ke produk subsidi yang koutanya dibatasi oleh pemerintah.

 

Kebijakan pemberlakuan harga baru produk gas non subsidi jelang akhir tahun 2017 ini, dianggap akan berimbas ke sektor produksi yang menggeluti kegiatan usaha skala rumah tangga menengah di Sulawesi Selatan. Kebijakan pertamina di sektor migas tahun ini, dinilai otomatis akan berdampak pada harga-harga kebutuhan hasil industri rumah tangga.

 

Kepada CELEBESonline.com, Pengamat Ekonomi dari Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Arifuddin Mane mengatakan, keputusan Pertamina memberlakukan kenaikan harga gas elpiji secara langsung mendongkrak pengeluaran pelaku usaha, yang juga akan dirasakan seluruh lapisan masyarakat.

 

“Pemberlakuan tersebut akan berimplikasi terhadap kelangkaan produk gas elpiji tiga kilogram bersubsidi, lantaran adanya peralihan konsumsi produk gas di akhir tahun,” pungkas Arifuddin Mane saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (10/11/2017).

 

Dekan Fakuktas Ekonomi Unibos ini menambahkan, kebijakan itu seharusnya melalui pertimbangan matang pemerintah, lantaran menganggap kebijakan di sektor energi tersebut dapat menekan produktivitas pelaku usaha, dikarenakan pembengkakan biaya produksi di akhir tahun.(*)

Related posts

CELEBESONLINE