counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Desember, Telkomsel Uji Coba Frekuensi 2.300 MHz di Makassar

-
New Banner Semen

CELEBESonline.com, Makassar – Pasca pengumuman resmi pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika mengenai pemenang lelang spektrum untuk frekuensi frekuensi 2,3 GHz (2.300 MHz) di akhir Oktober 2017, Telkomsel telah melakukan serangkaian aktivitas agar pelanggan dapat merasakan teknologi TDD (Time Division Duplex) 2,3 Ghz.

Telkomsel telah menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) dari Direktur Jenderal Pos dan Telekomunikasi. SKLO ini menyatakan bahwa Telkomsel telah memenuhi syarat kelaikan operasi untuk penyelenggaraan telekomunikasi di frekuensi 2,3 GHz.

Menindaklanjuti hal ini, Telkomsel memilih Makassar sebagai lokasi untuk uji coba frekuensi ini. Uji coba akan digelar pada bulan Desember ini, sekalian untuk mengantisipasi lonjakan trafik pada Natal dan pergantian tahun.

“Tahun ini mulai implementasi frekuansi TDD 2.300 MHz, trial bulan Desember ini. Makassar jadi tempat implantasi pertama, lokasinya Pantai Losari,” kata Vice President ICT Network Management Pamasuka Samuel Pasaribu, Kamis (21/12/2017).

Melalui frekuensi ini, pelanggan akan mendapatkan pengalaman internet cepat dengan kualitas yang lebih baik. Speednya mencapai 110 Mbps..

“Frekuensi berbeda membuat kapasitas bertambah. Sehingga pelanggan tetap nyaman meski ramai. Frekuensi ini memang untuk data, bukan voice ataupun SMS,” ucap Samuel.

Samuel menambahkan bahwa, menghadapi Natal dan Tahun Baru,
Telkomsel telah memperkuat seluruh elemen jaringan. Ini untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang umumnya terjadi pada periode Natal hingga Tahun Baru.

Telkomsel menjamin saat Natal dan momen pergantian tahun, pelanggan bisa menikmati jaringan dengan baik tidak ada gangguan.

Secara nasional, Telkomsel menyiagakan 103 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat. Dari jumlah itu, sebanyak 30 unit Combat terdapat wilayah Pamasuka, dua diantaranya ditempatkan di Pantai Losari, yang menjadi titik kumpul warga saat malam pergantian tahun.

Telkomsel juga mengoptimalkan jaringan 4G dan 3G di 14 pusat perbelanjaan yang diperkirakan mengalami kenaikan penggunaan layanan data pada periode Natal dan Tahun Baru. Di regional Pamasuka berada di Trans Studio Mall (Makassar) dan Maluku City Mall (Ambon).

“Kami telah meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan untuk memastikan kondisi jaringan tetap prima sehingga pelanggan selalu nyaman berkomunikasi selama menikmati liburan Natal dan Tahun Baru, bahkan pada kondisi trafik paling padat sekalipun,” ucap Samuel.

“Kami juga secara rutin melakukan uji jaringan, baik dalam kondisi bergerak maupun tidak bergerak, untuk menjamin kelancaran penggunaan layanan data yang biasanya dimanfaatkan pelanggan untuk mengunggah foto atau video aktivitas pergantian tahun melalui perangkatnya,” tambahnya.

Pada puncak periode Natal dan Tahun Baru kali ini, trafik layanan data atau payload diperkirakan meningkat 35 persen dibandingkan hari biasa. Umumnya pada periode ini layanan data digunakan pelanggan untuk menyaksikan video dan mendengarkan musik secara streaming, bermain online games, maupun berinteraksi di aplikasi pesan instan dan media sosial.

Selain layanan data, trafik layanan SMS juga diprediksi mengalami kenaikan lebih dari 12 persen pada periode ini. Berbanding terbalik dengan layanan data dan SMS, trafik layanan suara diperkirakan cenderung menurun tipis, sekitar 2 persen dibandingkan hari normal.

Secara keseluruhan, untuk melayani kebutuhan komunikasi pelanggan pada momen Natal dan Tahun Baru ini, Telkomsel telah menggelar lebih dari 158.000 BTS di seluruh Indonesia hingga penjuru Nusantara. Lebih dari 28.000 eNode B (BTS 4G) di lebih dari 480 kota kabupaten juga disiagakan untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data.

Telkomsel Area Pamasuka telah melakukan sejumlah aktivitas untuk mengawal lonjakan trafik komunikasi pada perayaan natal dan pergantian tahun 2018.

“Terdapat 177 titik POI (Point Of Interest) dengan klasifikasi 20 titik platinum, 94 titik gold dan 63 titik silver yang didalamnya termasuk 3 posko Crowd di Lapangan Merdeka Ambon, Manado Town Square, Lapangan Merdeka Balikpapan dan 3 posko Digital di Maluku City Mall, Trans Studio Mall, Duta Mall, serta 15 titik posko siaga di tempat wisata,” kata Vice President Sales & Marketing Area Pamasuka Herry Setiawan mengatakan

“Di setiap Poskonya Telkomsel menyediakan layanan selling produk, user experience dan tukar Poin untuk mendapatkan gimmick menarik dari Telkomsel,” tambahnya

Peningkatan kapasitas network dilakukan di 176 titik POI seperti melakukan penambahan 28 BTS baru yang tersebar di Regional Regional Area Pamasuka (Kalimantan, Sulawesi dan Papua Maluku) yang terdiri dari 9 BTS 3G dan 19 BTS 4G serta mensiagakan 24 Mobile BTS untuk mengantisipasi lonjakan trafik sehingga pada saat perayaan pergantian tahun pelanggan dapat menggunakan layanan Telkomsel dengan nyaman.

Area Pamasuka memprediksi hingga tutup tahun 2017, trafik voice meningkat 374,2 juta menit atau naik sebesar 1,69 persen, data payload meningkat 2304 terrabite atau naik sekitar 31,31 persen. Di layanan SMS diprediksi mengalami menurunan sebesar 89,7 juta, atau turun sebesar 3,38 persen.

Untuk memastikan ketersediaan produk dan layanan Telkomsel dalam menyambut Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Telkomsel Area Pamasuka menyiapkan layanan berupa 100 layanan GraPARI, 208 Mobile GraPARI dan 1.210 Outlet Siaga.

Untuk memonitor trafik jaringan, Telkomsel mendirikan 4 posko siaga yang standby 24 jam mulai tanggal 22 Desember 2017 hingga 3 Januari 2018, 1 posko siaga berada di kantor Area Pamasuka, dan 3 lainnya di Regional Sulawesi, Kalimantan dan Papua Maluku.

Related posts

CELEBESONLINE